Massa melakukan doa bersama untuk korban Palestina, Rabu (25/10/2023).

Bongkah.id – Lima ribu orang salat ghaib di Ringincontong, pusat kota Kabupaten Jombang Jawa Timur. Mereka berdoa untuk warga Palestina di Gaza yang terperangkap dalam serangan Israel. Serangan itu merupakan pembalasan atas serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober lalu.

“Mulai pukul 15.00 WIB sampai menjelang magrib kami menyelenggarakan aksi solidaritas dan doa bersama, jadi aliansi ini terdiri dari berbagai macam elemen, sehingga bisa dipastikan lebih dari 5000 massa yang hadiri kegiatan ini,” ujar Koordinasi Aliansi masyarakat Jombang peduli Palestina, Zulfikar Damam Ikhwanto, Rabu (25/10/2023).

ads

Setelah menunaikan salat Ghaib, Gus Anto sapaan akrabnya mengajak massa mendoakan mereka (warga Pelestina) yang disebutnya telah “mati syahid,” terutama perempuan dan anak-anak yang menjadi syuhada dalam perang melawan Israel.

Tak sedikit massa meneteskan air mata saat menjalankan salat ghaib maupun doa bersama, terlihat mereka menundukkan kepala dan merasakan dalam-dalam iringan doa. Bahkan, sebagian dari mereka membawa bendera Palestina.

“Kita lakukan sholat ghoib kepada para korban di Palestina, pembacaan tahlil dan pernyataan sikap, orasi kemanusiaan yang dilanjutkan dengan doa yang dipimpin para kyai yang hadir,” jelasnya.

Aksi doa bersama untuk Palestina yang berlangsung pukul 15.00 WIB itu berakhir sekitar pukul 18.30 sore. Sejumlah massa masih bertahan, meski matahari telah menenggelamkan diri.

Hingga kegiatan doa untuk Palestina di Rringincontong itu selesai, disampaikan Rp 225 juta sumbangan terkumpul untuk di donasikan kepada warga Palestina.

“Kami ucapkan terimakasih kepada para pihak yang telah menyumbangkan untuk para korban di Palestina dan saya berdoa semoga di ridhoi Allah. Donasi ini kami jadikan satu di BAZNAS yang nantinya akan disalurkan secara resmi kepada pihak Palestina,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini