Para siswa SDN Kepuhrejo 1 Kudu, Jombang, membasuh kaki ibu, Jumat (22/12/2023).

Bongkah.id – Ratusan siswa sekolah dasar memperingati Hari Ibu, 22 Desember 2023, dengan bersimpuh dan mambasuh kaki ibunya masing-masing. Kegiatan ini untuk mengekspresikan rasa syukur dan terima kasih atas jasa besar ibunda yang telah melahirkan serta membesarkanya tanpa pamrih.

Acara peringatan Hari Ibu ini dilaksanakan Siswa SDN Kepuhrejo 1 Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (22/12/2023). Selain bentuk ekpresi terima kasih, kegiatan membasuh kaki ibunda juga bisa mendekatkan hubungan emosional antara ibu dan anak.

ads

Sebelum dilakukan kegiatan basuh kaki ibu, ratusan siswa terlebih dahulu duduk bersimpuh dan meminta maaf ke pada ibunya. Sementara sang Ibu, berdoa serentak untuk anak-anaknya.

“Kegiatan ini sudah dilakukan dua kali dan respon dari walimurid sangatlah positif terkait kegiatan peringatan hari ibu,” ujar kepala sekolah SDN Kepuhrejo 1 Kudu Jombang Sri Murdiantini, Jumat (22/12/2023).

Selain menanamkan nilai karakter kepada murid, para guru di SDN Kepuhrejo 1 Kudu juga mengajari para siswanya jika apapun yang dilakukan termasuk belajar disekolah harus mendapatkan restu dari orangtua.

“Selain itu, kegiatan basuh kaki ibu ini diharapkan bisa mengembalikan cinta kasih anak kepada ibunya dan sebaliknya ibu kepada anaknya dan mengembalikan fitrahnya mereka sebagai ibu dan anak,” pungkas Sri.

Usai prosesi basuh kaki, ibu membasuh wajah anak mereka dengan air bekas basuhan yang masih berada di dalam baskom. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini