SEBANYAK 47 Perwira Tinggi di matra darat, laut, dan udara dimutasi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Diantara Pati yang dimutasi tersebut, Pangdam V/Brawijaya mengalami pergantian pejabat. Dari pejabat lama Mayjen TNI Widodo Iryansyah digantikan Mayjen TNI Suharyanto.

bongkah.id – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ganti Panglima Daerah Militer (Pangdam) V/ Brawijaya. Dari pejabat lama Mayjen TNI Widodo Iryansyah digantikan Mayjen TNI Suharyanto.

Selain itu, juga diputuskan mutasi terhadap 46 Perwira Tinggi (Pati) di lingkungan TNI. Mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/835/X/2020 tertanggal 21 Oktober 2020, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/10/2020), Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil mengatakan, mutasi jabatan Pati TNI itu dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier. Targetnya mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Dicontohkan pergantian Pangdam V/Brawijaya. Pergantian tersebut, karena Mayjen TNI Widodo Iryansyah dalam rangka memasuki masa pensiun. Selepas dari posisi lama, Widodo dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD hingga masa purna tugas. Sementara penggantinya, Mayjen TNI Suharyanto semula menjabat sebagai Sesmilpres Kemensetneg.

Dari 47 Pati TNI yang dimutasi Panglima TNI, dikatakan, terbagi dalam matra darat, matra laut, dan matra udara. Rinciannyanya 16 Pati TNI AD, 19 Pati TNI AL dan 12 Pati TNI AU. Dari setiap matra tersebut, tidak hanya mutasi antar jabatan di lingkungan masing-masing matra. Namun, juga menggantikan banyak posisi jabatan yang pejabat lamanya dalam masa persiapan pensiun.

Selain Mayjen TNI AD Suharyanto yang dipromosikan menjabat Pangdam V/Brawijaya, Panglima TNI juga mempromosikan Letjen TNI Joni Supriyanto dari Kasum TNI menjadi Kabais TNI. Dari matra laut yang dipromosikan antara lain Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono dari Danjen Akademi TNI menjadi Irjen TNI.

Sementara dari matra udara, Marsda TNI Tamsil Gustari Malik dari Asintel Kasau menjadi Danjen Akademi TNI, Marsda TNI M. Fadjar Sumarijadji dari Sekretaris Bais TNI menjadi Asintel Kasau. Demikian pula, Kolonel Kes dr. Swasono R dari Kadep IKA RSPAU dr. S. Hardjolukito menjadi Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito.

Adapun daftar Perwira Tinggi TNI AD, TNI AL, dan TNI AU yang mengalami mutasi adalah: Matra Darat sebanyak 16 Pati TNI AD, yaitu Letjen TNI Joni Supriyanto dari Kasum TNI menjadi Kabais TNI, Letjen TNI Muhamad Herindra dari Irjen TNI menjadi Kasum TNI, Mayjen TNI Sapriadi dari Pa Sahli Tk III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI, Mayjen TNI Benny Octaviar dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI, Mayjen TNI Benny Susianto dari Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Wassus dan LH Kasad menjadi Irjenad, dan Mayjen TNI Suharyanto dari Sesmilpres Kemensetneg menjadi Pangdam V/Brw.

Sementara Pati TNI AD yang persiapan masa pensiun adalah Mayjen TNI Widodo Iryansyah dari Pangdam V/Brw menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Nugroho Tjendrakiarto dari Pa Sahli Tk III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka Pensiun), Brigjen TNI Fachri dari Pa Sahli Tk. II LH Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Letjen TNI Mochamad Effendi dari Irjenad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka Pensiun), Mayjen TNI Sunaryo dari Staf Ahli Menhan Bid. Kam Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), dan Brigjen TNI Drg. Raden Triatmojo Budi Utomo dari Pa Sahli Tk. II Was Eropa dan AS Sahli Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Matra Laut sebanyak 19 Pati TNI AL, yaitu Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono dari Danjen Akademi TNI menjadi Irjen TNI, Laksda TNI Moelyanto dari Aslog Kasal menjadi Irjenal, Laksma TNI Puguh Santoso dari Waaslog Kasal menjadi Aslog Kasal, Laksma TNI Rachmat Hartoyo dari Kadislaikmatal menjadi Waaslog Kasal, Laksma TNI Udyatmiko dari Kadisadal menjadi Kadislaikmatal, Laksma TNI Hendri S. Suprianto dari Pati Sahli Kasal Bid. Ekojemen menjadi Ir Koarmada III, Laksma TNI Ferial Fachroni dari Waaspotmar Kasal menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Ekojemen, Laksma TNI Ribut Eko Suyatno dari Staf Khusus Kasal menjadi Waaspotmar Kasal, Laksma TNI R Anang Dwi Kuncoro dari Kadiskual menjadi Waaspers Kasal, dan Laksma TNI Poedji Santoso dari Kadiswatpersal menjadi Kadiskual.

Adapun Pati TNI AL yang dalam persiapan pensiuan ialah Laksma TNI Taufik Riadi dari Pa Sahli Tk. II Kamteror Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksda TNI Suselo dari Irjenal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Enuar Mendrofa dari Ses Ditjen Renhan Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Heru Wiyono dari Dandenma Mabes TNI menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Guntur Wahyudi dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), dan Laksma TNI Gunawan dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), dan Laksma TNI Budhiyanto dari Waaspers Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (Meninggal Dunia).

Matra Udara sebanyak 12 Pati TNI AU, yaitu Marsda TNI Tamsil Gustari Malik dari Asintel Kasau menjadi Danjen Akademi TNI, Marsda TNI M Fadjar Sumarijadji dari Sekretaris Bais TNI menjadi Asintel Kasau, Marsma TNI Jemi Trisonjaya dari Wadan Seskoau menjadi Sekretaris Bais TNI, Marsma TNI Andi Heru Wahyudi dari Pati Sahli Kasau Bid. Air Power menjadi Danpuslat Kodiklat TNI.

Sedangkan Pati TNI AU yang dalam persiapan pensiun ialah Marsma TNI Istiyanto dari Danpuslat Kodiklat TNI menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI dr. Djunaidi dari Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Sudadi dari Ir III Itjen Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsdya TNI Bagus Puruhito dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsda TNI Ade Dian Suryacandra dari TA. Pengajar Bid. Ilpengtek Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), dan Marsma TNI Uganda Irwanto dari Bandep Ur. Lingkungan Strategi Regional pada Deputi Bid. Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun). (rim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here