Screenshot video keluarga jenazah pasien Covid-19 memukuli petugas pemulasaraan jenazah berpakaian APD di Palangkaraya, Kalimantan Selatan, Selasa (21/7/2020).

Bongkah.id – Sebuah video menayangkan aksi penolakan warga terhadap penerapan protokol kesehatan pada korban yang meninggal karena terjangkit Covid-19 viral di jejaring sosial. Bahkan petugas pemulasaraan jenazah sempat dipukuli sampai ada yang jatuh pingsan.

Peristiwa ini terjadi ketika proses penguburan jenazah terduga positif virus corona di Pemakaman Pal 12 Kota Palangka Raya, Selasa siang (21/7/2020). Berdasarkan informasi yang dihimpun, pemukulan terjadi sekitar pukul 15.00 WIB saat petugas pemakaman hendak menguburkan salah satu pasien meninggal dunia.

Dalam video terlihat beberapa orang kerabat dan keluarga korban yang mengikuti proses pemakaman tiba-tiba mengamuk kepada petugas yang hendak menguburkan jenazah.

Salah seorang kerabat korban mendorong petugas yang berpakaian APD hingga terjengkang ke belakang. Kemudian, anggota keluarga mengejar dan memukuli petugas di sisi lain sampai mengalami pendarahan di bagian hidung.

Bahkan mereka mengejar petugas yang sudah mau naik kembali ke mobil ambulans. Petugas yang dipukul di dekat mobil itu terjatuh hingga pingsan.

Video pemukulan terhadap petugas pemulasaraan jenazah pasien Covid-19 oleh keluarga pasien di Palangkaraya, Kalimantan Selatan, Selasa (21/7/2020):

Mirisnya lagi, hampir semua petugas pemulasaraan jenazah positif Covid-19 tidak berdaya tanpa melakukan perlawanan. Hingga berita ini ditayangkan, petugas dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya masih melakukan penelusuran terhadap insiden pemukulan tersebut.

“Proses lebih lanjut dilaporkan ke pihak kepolisian karena sudah masuk ke pidana atau penganiayaan,” kata Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani saat memantau lokasi penganiayaan di TPU Km 12 Kota Palangka Raya, Selasa (21/7/2020). (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here