ILUSTRASI PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi Perwira Tinggi (Pati) TNI dengan menerbitkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/2666/XI/2020 tertanggal 17 November 2020. Dan, menerbitkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/911/XI/2020 yang diterbitkan per 18 November 2020.

bongkah.id – Menerbitkan dua surat kebijakan secara berturut-turut dalam sepekan, tidak biasanya dilakukan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ketidakbiasaan itu terjadi pada pekan ini. Menerbitkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/2666/XI/2020 tertanggal 17 November 2020. Dan, menerbitkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/911/XI/2020 yang diterbitkan per 18 November 2020.

Dalam Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/2666/XI/2020 tertanggal 17 November 2020, Panglima TNI memberikan kenaikkan pangkat dan mutasi terhadap 11 perwira tinggi (Pati) TNI dari matra Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Dalam keterangan resminya, Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel Sus Aidil mengatakan, ada tiga Pati TNI yang menerima kenaikan pangkat dari matra TNI AD dan TNI AL, sementara untuk TNI AU sebanyak lima orang Pati TNI.

Tiga Pati TNI AD itu terdiri dari Letjen TNI Benny Susianto sebagai Irjenad, Brigjen TNI Saturninus Aldian sebagai Pa Sahli Tk. II LH Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI, dan Brigjen TNI Haris Sufi Anwari sebagai Dandenma Mabes TNI. Untuk tiga Pati TNI AL adalah Laksda TNI Puguh Santoso sebagai Aslog KDAL, Laksma TNI Maman Rohman sebagai Kadisadal, dan Laksma TNI Taufik Arief sebagai Kadiswatpersal.

Sementara lima Pati TNI AU Marsdya TNI Tamsil Gustari Malik sebagai Danjen Akademi TNI AU, Marsda TNI Jemi Trisonjaya sebagai Sekretaris Bais TNI, Marsma TNI Drs. Muh. Arief Damopoli sebagai Ir III Itjen Kemhan, Marsma TNI dr. Swasono yang merupakan kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito, dan Marsda TNI Mohamad Tony Harjono sebagai Sesmilpres Kemensetneg.

Marsma Tony menjabat Sesmilpres Kemensetneg menggantikan Mayjen Suharyanto, yang ditunjuk sebagai Pangdam V/Brawijaya. Tony pernah menjabat sebagai ajudan Presiden Joko Widodo. Selain itu, pernah menjadi Danlanud Adi Soemarmo.

Sedangkan dalam Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/911/XI/2020 yang diterbitkan per 18 November 2020, Marsekal Hadi melakukan perombakan jabatan Pati di lingkungan TNI AD. Jumlah Pati yang dimutasi sebanyak 36 orang.

Surat keputusan tersebut pun dibenarkan Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen) Mayjen Achmad Riad, Kamis (19/11/2020). Salah satu yang dimutasi adalah Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Maruli dimutasi dari jabatannya sebagai Komandan Paspampres (Danpaspampres) menjadi Panglima Kodam (Pangdam) IX /Udayana. Alumni Akademi Militer (Akmil) 1992 ini akan bertanggung jawab atas Kodam Udayana yang wilayahnya meliputi Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Posisi yang ditinggalkan menantu dari Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan itu akan diisi Brigjen TNI Agus Subiyanto yang semula adalah Komanda Korem (Danrem) 061/Surya Kencana (Bogor). Agus adalah alumni Akmil 1991. Selain Danrem Suryakencana, dia pernah mengemban sejumlah jabatan di berbagai tingkatan pangkat.

Ia awalnya adalah prajurit infanteri baret merah (Kopassus). Di pasukan khusus tersebut, ia pernah menjadi Komandan Batalyon 22 Grup 2 hingga Kepala Penerangan Kopassus. Lepas dari Kopassus, pada 2009 tercatat pernah menjadi Komandan Distrik Militer 0735/Solo. Dua tahun menjabat, Agus dimutasi menjadi Wakil Asisten Operasi Divisi 2/Kostrad. Selanjutnya, menduduki jabatan sebagai Asisten Operasi Kasdam I/Bukit Barisan pada 2014.

Tiga tahun berselang, dia ditunjuk menjadi Komandan Resimen Induk Kodam II/Sriwijaya. Tak berselang lama, dimutasi menjabat Komandan Korem 132/Tadulako. Kemudian, pada 2019 menjabat Wadanpussenif Kodiklatad. Hingga akhirnya menjadi Danrem Suryakencana pada Maret 2020. Posisinya sebagai komandan resimen di wilayah Bogor itu cukup istimewa, karena Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga menetap di istana yang berada di kota hujan tersebut sehari-harinya.

Selain di Bogor, Agus sudah mendampingi Jokowi saat menjadi Wali Kota di Surakarta. Saat itu, Agus menjabat Dandim 0735/Solo. Kini, Agus akan kembali mendampingi dan menjamin keamanan Jokowi sekeluarga sebagai Dan Paspampres.

DUA KATEGORI

Mutasi terhadap 36 pati itu terbagi dalam dua kategori, Kategori dalam Struktur sebanyak 33 Pati yang terdiri dari Letjen TNI Moch Fachruddin dari Wakasad dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka Pensiun). Posisi digantikan Mayjen TNI Herman Asaribab. Jabatan lama Asaribab sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih digantikan Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono. Posisi Dansecapaad yang ditinggalkan Yogo akan digantikan Brigjen TNI Ferry Zein. Jabatan lama Feery sebagai Kasdam XVIII/Kasuari diisi Brigjen TNI Djoko Andoko yang sebelumnya menjabat Dirdik Akademi TNI.

Sementara Mayjen TNI Hassanudin dari Pangdam Iskandar Muda dimutasi sebagai Pangdam I/Bukit Barisan, yang ditinggalkan Mayjen TNI Irwansyah untuk menjadi Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka Pensiun). Posisi lama Hasanudin sebagai Pangdam Iskandar Muda akan diisi Mayjen TNI Achmad Marzuki. Jabatan Ir Kostrad yang ditinggalkan Marzuki akan ditempati Mayjen TNI Raden Tjahja Komara. Posisi lama Komara sebagai Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Polkamnas dipercayakan pada Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa. Jabatan Teguh sebelumnya sebagai Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Was Eropa dan Amerika digantikan Kolonel Inf Beny Sulistiono yang sebelumnya menjabat Kasrem 043/Gatam (Lampung) Kodam II/Swj.

Adapun Mayjen TNI Kurnia Dewantara dari Pangdam IX/Udayana ditarik sebagai Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka Pensiun). Jabatan lama Kurnia Dewantara sebagai Pangdam Udayana akan digantikan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjabat Dan Paspampres.

Kolonel Inf Achmad Fauzi dari Kasrem 172/PWY (Abepura) Kodam XVII/Cen dipromosikan sebagai Danrem 061/SK (Bogor) Kodam III/Siliwangi, yang ditinggalkan Brigjen TNI Agus Subianto. Kolonel Inf Edy Santoso dari Analis Madya Bid. Gunkuatkomcad duk Ditrah Ditjen Strahan Kemhan RI dimutasi sebagai Irsus Itjenad. Kolonel Czi Panca Iswandaru dari Paban Sahli Kasad Bid. Jahpers jadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Indag; Brigjen TNI Jajah Subarjah dari Dir PIT Pusterad ditarik sebagai Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka Pensiun). Jabatan Jaja digantikan Kolonel Czi Burlian Sjafei  yang sebelumnya Ahli Bid. Kermamil Kodiklatad.

Status persiapan pensium Brigjen TNI Ghoib Pujantoro membuatnya ditarik sebagai Pati Mabes TNI AD. Jabatan Ir Pussenkav Kodiklatad yang ditinggalkan akan diisi Kolonel Kav Yotanabey yang sebelumnya Paban VII/Ops LN Sopsad. Demikian pula Brigjen TNI Umar Sanusi yang ditarik sebagai Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka Pensiun). Jabatan Ir Pussenarmed Kodiklatad yang ditinggalkan akan digantikan Kolonel Arm Khoirul Hadi yang sebelumnya menjabat Wadirjianbang Sdirjianbang Akmil.

Status persiapan pensiun Brigjen TNI Herry Hudriman membuatnya ditarik sebagai Pati Mabes TNI AD. Jabatan Ir Pusbekangad yang ditinggalkan akan digantikan Brigjen TNI Budi Fitri. Posisi lama Budi sebagai Dircab Pusbekangad digantikan Kolonel Cba Agus Santosa yang sebelumnya menjabat Kasubditbinjasaint Sdircab Pusbekangad.

Sementara Mayjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya dari Kapuskesad dipromosikan sebagai Ka RSPAD Gatot Soebroto. Jabatan lama Budi Sulistya akan diisi Brigjen TNI dr. Budiman. Posisi lama Budiman sebagai Kapusrehab Kemhan RI jadi Kapuskesad akan digantikan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi. Selanjutnya posisi Dirbang Riset RSPAD Gatot Soebroto yang ditiggalkan Nana Sarnadi Kolonel Ckm Dr. dr. Soroy Lardo yang sebelumnya Anggota Komite Etik Kommed RSPAD Gatot Soebroto.

Sedangkan Brigjen TNI dr. Abraham Arimuko dari Dirum RSPAD Gatot Soebroto dimutasi sebagai Kakommed Ka RSPAD. Jabatan lama Arimuko digantikan Kolonel Ckm dr. Iwan Turniawan yang sebelumnya menjabat Dirbincab Puskesad. Adapun Brigjen TNI dr. Ari Binuko dari Dircab Puskesad ditarik sebagai Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka Pensiun). Posisi Ari Binuko digantikan Kolonel Ckm dr. Moh Arif H yang sebelumnya menjabat Kakesdam V/Brawijaya.

Sedangkan 3 Pati yang dimutasi dalan jabatan diluar struktur adalah Brigjen TNI Agus Subiyanto dari Danrem 061/SK (Bogor) Kodam III/Slw dipromosikan sebagai Dan Paspampres. Kolonel Arm Dedi Prihatmodjo dari Paban I/Jakrenstra Srenaad jadi Dirdik Akademi TNI. Demikian pula Kolonel Inf Aswardi dari Pamen Denmabesad diproosikan sebagai Direktur Non Aparatur Negara pada Deputi Bidang Intelijen Pengamanan Aparatur BIN. (rim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here