Komjen Pol Firli Bahurli, Ketua KPK yang dimutasi menjadi perwira tinggi di Badan Reserse Kriminal karena sudah memasuki masa pensiun dari Polri per 1 Desember 2021.

Bongkah.id – Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi jabatan perwira tinggi (Pati). Tujuh kepala polda dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahurli masuk dalam gerbong perombakan jabatan ini.

Dalam telegram yang ditandatangani Kapolri Jenderal Listro Sigit Prabowo pada 17 Desember 2021, mengatur mutasi Komisaris Jenderal Firli Bahuri menjadi perwira tinggi di Badan Reserse Kriminal Polri. Sebelumnya, Firli menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri dengan penugasan sebagai Ketua KPK.

ads

Mutasi ini dilakukan karena Firli itu sudah memasuki masa pensiun yakni per 1 Desember 2021. Mantan Kapolda Banten itu memang sudah memasuki usia 58 tahun -batas usia pensiun di kepolisian- pada 8 November 2021.

“Meskipun sudah pensiun dari Polri, tidak mengubah statusnya sebagai Ketua KPK,” kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo, Sabtu (18/12/2021).

Sebelum terpilih menjadi Ketua KPK, sejumlah jabatan pernah dipegang Firli. epala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Dia juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Banten, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Kemudian Filri dipindahkan ke KPK sebagai Deputi Penindakan. Lalu kembali ke Polri sebagai Kapolda Sumsel.

Selain Firli, ada satu perwira tinggi Polri yang bertugas di KPK juga dipindahtugaskan. Dia adalah Brigadir Jenderal Setyo Budiyanto, Direktur Penyidikan KPK yang sekarang dimutasi menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur berdasar Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2568/XII/KEP/2021.

Setyo merupakan perwira Polri yang sudah cukup lama ada di komisi antirasuah. Dia pernah menjabat sebagai Koordinator Supervisi dan Penindakan di Kedeputian Penindakan KPK.

Pada Mei 2020, dia menjadi pelaksana tugas Direktur Penyidikan KPK menggantikan Brigjen RZ Panca Putra yang ditarik ke kepolisian. Pada September 2020, barulah dia menjadi Direktur Penyidikan di KPK.

Selain dua Pati di internal KPK, Kapolri Listyo juga melakukan perombakan di tubuh Bareskrim Polri. Komjen Sutanto Pati sebagai Pati di Badan Siber dan Sandi Negara dimutasikan sebagai Pati Baintelkam Polri dalam rangka pensiun.

Selanjutnya, Direktur Tipikor Bareskrim Brigjen Djoko Poerwanto dimutasi menjadi Kapolda NTB. Penggantinya adalah Brigjen Cahyono Wibowo.

Sedangkan Kapolda NTB sebelumnya, Irjen Pol. Mohammad Iqbal dimutasi menjadi Kapolda Riau menggantikan Irjen Agung Setya Imam Effendi. Nama terakhir ini sekarang digeser ke jabatan Asops Kapolri

Di luar itu, ada lima kapolda lain yang digeser dari jabatannya. Mereka adalah  Kapolda Bengkulu, Irjen Pol. Guntur Setyanto dimutasi dalam rangka pensiun, dan digantikan oleh Wairwasum Polri, Irjen Pol. Agung Wicaksono.

Berikutnya, Kapolda Maluku, Irjen Pol. Refdi Andri dimutasi menjadi Staf Ahli (Sahli) Kapolri, dan digantikan oleh Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Lotharia Latif. Berikutnya, Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif digantikan oleh Brigjen Pol. Setyo Budianto.

Lalu, Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak dimutasi menjadi Kasespim Lemdiklat Polri, dan digantikan oleh Asops Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto. Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol. Remigius Sigid Tri Hardjanto dimutasi menjadi Kadivkum Polri, dan digantikan oleh Irjen Pol. Suryanbodo Asmoro.

Pati jajaran juru bicara Polri pun tak luput dari mutasi. Karopenmas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono dipindahkan menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri dengan menyandang pangkat baru Inspektur Jenderal (Irjen) atau jenderal bintang dua.

Selanjutnya, posisi Karopenmas Polri akan diisi oleh Kombes Ahmad Ramadhan yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Penum Divisi Humas Polri. Sama seperti Rusdi, Ramadhan juga mendapatkan promosi menduduki posisi jenderal polisi bintang satu atau Brigadir Jendral (Brigjen). (bid)

Daftar Mutasi Perwira Tinggi Polri

  1. Komjen Firli Pati Bareskrim Polri (penugasan sebagai Ketua KPK RI) dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (dalam rangka pensiun).
  2. Komjen Sutanto Pati Baintelkam Polri (penugasan pada Badan Siber dan Sandi Negara) dimutasikan sebagai Pati Baintelkam Polri (dalam rangka pensiun).
  3. Irjen Komarul Zaman Pati Sops Polri (penugasan pada Wantannas) dimutasikan sebagai Pati Sops Polri (dalam rangka pensiun).
  4. Irjen Guntur Setyanto Kapolda Bengkulu dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (dalam rangka pensiun)
  5. Irjen Refdi Andri Kapolda Maluku dimutasikan sebagai Pati Sahli Kapolri (dalam rangka pensiun).
  6. Irjen Rokhmad Sunanto Kasespim Lemdiklat Polri dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri (dalam rangka pensiun).
  7. Irjen Charles Bonardo Sadatua Nasution Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri (dalam rangka pensiun).
  8. Brigjen Jacobes Alexsander Timisela Pati Bareskrim Polri (penugasan pada Kementerian ESDM) dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (dalam rangka pensiun).
  9. Brigjen Kushariyanto Analis Kebijakan Utama Bidang Sosbud Baintelkam Polri dimutasikan sebagai Pati Korlantas Polri (dalam rangka pensiun).
  10. Brigjen Gunawan Analis Kebijakan Utama Bidang Sosbud Baintelkam Polri dimutasikan sebagai Pati Baintelkam Polri (dalam rangka pensiun).
  11. Brigjen Syahri Gunawan Kabagrendafung Rorenmin Itwasum Polri (pengabdian BJP TMT 1-9-2021) dimutasikan sebagai Pati Itwasum Polri (dalam rangka pensiun).
  12. Brigjen Dwi Setiyadi Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri (dalam rangka pensiun).

    Mutasi 7 Kapolda:

  1. Kapolda Bengkulu, Irjen Pol. Guntur Setyanto dimutasi dalam rangka pensiun, dan digantikan oleh Wairwasum Polri, Irjen Pol. Agung Wicaksono.
  2. Kapolda Maluku, Irjen Pol. Refdi Andri dimutasi menjadi Staf Ahli (Sahli) Kapolri, dan digantikan oleh Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Lotharia Latif.
  3. Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif digantikan oleh Brigjen Pol. Setyo Budianto.
  4. Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol. Mohammad Iqbal dimutasi menjadi Kapolda Riau, dan digantikan oleh Brigjen Pol. Djoko Poerwanto.
  5. Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi dimutasi menjadi Asops Kapolri, dan digantikan oleh Irjen Pol. Mohammad Iqbal.
  6. Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak dimutasi menjadi Kasespim Lemdiklat Polri, dan digantikan oleh Asops Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto.
  7. Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol. Remigius Sigid Tri Hardjanto dimutasi menjadi Kadivkum Polri, dan digantikan oleh Irjen Pol. Suryanbodo Asmoro.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini