Proses sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Gedung Tenis Indoor Jombang, Senin (8/1/2024). Foto: Karimatul Maslahah

Bongkah.id – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Jombang menemukan ribuan surat suara Pemilu 2024 dalam kondisi rusak. Selain itu, jumlah surat suara yang dikirim vendor ke KPU juga kurang sebanyak 7 ribu lebih.

Hal itu diketahui saat proses sortir dan pelipatan di Gedung Tenis Indoor Jombang.

ads

“Surat suara seharusnya diterima dari penyedia sebanyak 1.033.651. Ternyata saat dilakukan penyortiran surat suara masih kurang 7.058 surat suara DPRD Kabupaten Jombang. Dan saat sortir dan pelipatan ditemukan surat suara rusak sebanyak 5.010 buah,” kata Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi, Senin (8/1/2024).

Burhan menjelaskan, data rekap per tanggal 7 Januari 2024 KPU sudah menyelesaikan 68, 3 persen, artinya dari 1.033.651 surat suara DPR RI yang berjumlah 711.437 surat suara itu ditemukan rusak sebanyak 728 surat suara.

“Untuk kategori surat suara rusak tersebut misalnya kusut, seperti sobek  hingga ada bercak tinta yang mengenai tulisan, gambar logo, kalau pasangan calon ya pasangan calon misalnya di wajah di surat suara,” terang dia.

Burhan menambahkan untuk surat suara yang rusak akan lakukan sortir kembali kemudian  menginput data melalui Silog.

“Jadi nanti akan kita lakukan sortir kembali dan dilaporkan ke penyedia untuk meminta tambahannya maupun berbaikannya,” tutup Burhan. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini