Tim SAR BPBD Kota Batu membawa anjing pelacak saat melakukan pencarian korban yang terseret arus banjir bandang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (4/11/2021).

Bongkah.id – Seluruh korban banjir bandang Kecamatan Bumiaji, Kota Batu berhasil ditemukan dan dievakuasi. Sebanyak yujuh orang meninggal dunia dan belasan lain mengalami luka-luka.

Korban terakhir yang ditemukan pada Sabtu (6/11/2021) adalah laki-laki berinisial T. Dengan demikian, pencarian orang hilang akibat banjir bandang di Kota Batu akhirnya dihentikan.

ads

“Semua korban yang hilang sudah ditemukan, Alhamdulillah sudah dievakuasi. Korban terdampak ada 22 orang, yang meninggal terevakuasi ada 7,” kata Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko secara virtual pada Sabtu (6/11/2021) sore.

Data Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu mencatat, ada 89 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak. Selain itu ada 35 rumah rusak, 33 rumah terendam lumpur, 7 mobil rusak, 73 sepeda motor rusak, 107 ekor ternak dan 10 kandang ternak juga rusak.

Ketujuh korban meninggal dunia yakni Wiji dan suaminya Sarip, yang beralamat di RT 6/RW 4, Dusun Sambong, Desa Bulukerto. Korban Ketiga adalah Adi Wibowo, warga Jl Kartini, Kelurahan Ngaglik yang dinyatakan hilang di Dusun Cangar, Desa Bulukerto ditemukan di Dam Durek.

Korban keempat adalah Wakri, warga Dusun Sabrang Bendo RT 51/RW 8 Desa Giripurno dan ditemukan di Desa Tawangargo, Karangploso, Kabupaten Malang. Kelima, Mahendra Feri, warga Dukuh Sambong, Dusun Gintung, Desa Bulukerto yang ditemukan di Dusun Beru.

Selanjutnya, anak kandung Mahendra Feri, Alverta Shenazia Arvisa Vindra yang ditemukan di tempat yang sama dengan sang ayah. Korban terakhir atau ketujuh adalah Tokip, warga RT 6/RW 4, warga Dusun Sambong, Desa Bulukerto. lokasi penemuan di Dusun Sambong, Desa Bulukerto.

Banjir bandang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (4/11/2021). BPBD Kota Batu menyebut, banjir bandang ini terjadi akibat luapan anak sungai Brantas yang dipicu oleh hujan deras.

Baca: Detik-Detik Banjir Bandang Terjang 5 Desa di Kota Batu, 11 Orang Hilang

Enam wilayah yang terdampak yakni Desa Sidomulyo, Desa Bulukerto, Desa Sumber Brantas, Desa Bumiaji, Desa Tulungrejo, dan Desa Punten. Akibat banjir ini, ratusan orang harus mengunggsi. Rinciannya 200 warga Jatimulyo, 175 warga Kampung Putih, dan 100-150 warga Samaan.

Dewanti memastikan bahwa saat ini petugas gabungan yang berasal dari berbagai unsur pemerintah dan masyarakat telah gotong royong membersihkan sisa-sisa lumpur di sejumlah titik. Pihaknya juga masi menghitung kerugian material akibat banjir.

“Beberapa juga tempat-tempat yang kemarin sangat terdampak seperti fasilitas umum dan jalan itu, Alhamdulillah sekarang sudah bisa dilalui,” ujarnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini