Sehari usai banjir bandang di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021) kemarin, TRC BPBD, SAR dan berbagai potensi relawan membersihkan puing dan mencari korban yang belum ditemukan.

Bongkah.id – Korban meninggal dunia akibat banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur, bertambah menjadi enam orang, satu di antaranya masih balita. Sementara tiga orang hilang terus dalam pencarian.

Tiga orang yang belum ditemukan yakni Tokip warga  Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji; Arif warga Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji; dan Fery warga Dusun Cangar, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji.

ads

“Sejak kemarin kami masih terus mencari. Saat ini sudah beberapa yang sudah ditemukan tapi tiga orang itu masih belum ditemukan atau hilang,” ujar Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Adapun korban meninggal dunia yakni dua warga warga Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Wiji dan Sarip. Adi Wibowo, Kelurahan Ngaglik; Pak Wakri, Dusun Sabrang Bendo RT 51 RW 8 Desa Giripurno; Mahendra Feri dan serta Alverta Shenazia Arvisa Vindra (3), warga Dukuh Sambong, Dusun Gintung.

Selain Kota Batu dan Kabupaten Malang, banjir bandang juga menerjang wilayah Kabupaten Lamongan, Jatim, Kamis (4/11/2021) malam kemarin. Data sementara sebanyak 36 rumah warga terdampak.

“Sebanyak 36 unit rumah warga terdampak itu berlokasi di Desa Sendangrejo di Kecamatan Ngimbang dan Desa Kalitengah di Kecamatan Sugio,” kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin, Jumat (5/11/2021).

Selain itu, jalan poros yang berada di Desa Kalitengah mengalami rusak parah sepanjang 40 meter. Dilaporkan terdapat satu unit warung yang berada di dekat sungai hanyut terbawa arus air.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD terjun ke lokasi untuk membersihkan aliran sungai yang bermuara ke waduk Gondang di Kecamatan Sugio dan mengantisipasi banjir susulan,” ucapnya.

Baca: Detik-Detik Banjir Bandang Terjang 5 Desa di Kota Batu, 11 Orang Hilang

BPBD Lamongan melaporkan per Jumat (5/11/2021) mengatakan bahwa air telah surut. Pihaknya bersama unsur TNI-POLRI serta tim gabungan lainnya bergotong royong membersihkan lumpur sisa banjir.

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih dapat terjadi di wilayah Kabupaten Lamongan, hal ini merujuk prakiraan cuaca BMKG hingga Minggu (7/11/2021) mendatang.
Dalam upaya menghadapi antisipasi La Nina, pihaknya mengimbau untuk masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. (bid)

Data Enam Korban Meninggal Dunia di Kota Batu:

1. Wiji, usia belum diketahui, warga RT 6 RW 4, Dusun Sambong, Desa Bulukerto, lokasi diketemukan di Kali Sambong.

  1. Sarip RT 6 RW 4, warga Dusun Sambong Desa Bulukerto, usia sekitar 60 tahun, lokasi diketemukan di Dusun Beru.
  2. Adi Wibowo, warga Jl. Kartini, Kelurahan Ngaglik lokasi hilang di Dusun Cangar, Desa Bulukerto ditemukan di Dam Durek.
  3. Pak Wakri, Dusun Sabrang Bendo RT 51 RW 8 Desa Giripurno ditemukan di Desa Tawangargo.
  4. Mahendra Feri, Dukuh Sambong, Dusun Gintung ditemukan di Dusun Beru.
  5. Alverta shenazia arvisa vindra (3) Dukuh Sambong, Dusun Gintung ditemukan di Dusun Beru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini