Proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan lima Kapolres baru di Mapolda Jatim, Kamis (5/11/2020).

Bongkah.id – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran memerintahkan Kapolres jajarannya untuk lebih fokus mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan pengamanan Pilkada Serentak 2020.

Instruksi itu disampaikan saat memberikan sambutan pelantikan dan serah terima jabatan lima Kapolres di Mapolda Jatim, Kamis (5/11/2020). Kapolda menegaskan, Polres di wilayah hukum yang menyelenggarakan Pilkada Serentak harus bersinergi dengan  dengan TNI dan elemen lain untuk mengamankan perhelatan pesta demokrasi dengan tertib, damai, dan sejuk.

“Terutama bagi kapolres baru, ini menjadi tantangan jangka pendek. Penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 harus menjadi prioritas kepolisian, khususnya dalam pelaksanaan Pilkada serentak.,” trandas Irjen Pol Mohammad Fadil Imran usai melantik lima kapolres di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (5/11/2020).

Ihwal mutasi jabatan lima kapolres yang baru saja berlangsung, Fadil menyebut itu merupakan hal yang lazim terjadi untuk penyegaran di tubuh Polri. Ia mengungkapkan, sertijab kapolres jajaran Polda Jatim kali ini sesuai dengan Telegram Rahasia Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor ST/2933/X/KEP/2020 dan ST/2935/X/KEP/2020 tanggal 13 Oktober 2020.

Adapun kelima kapolres yang digeser yakni, AKBP Aris Supriyono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Jember, diangkat jabatan barunya sebagai Wadirresnarkoba Polda Jatim. Posisi Kapolres Jember dijabat oleh AKBP Arif Rachman yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kawarang, Polda Jabar.

AKBP Rama Samtama Putra, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Bangkalan, menjadi Kapolres Karawang. Selanjutnya, posisi Kapolres Bangkalan ditempati oleh AKBP Didik Hariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pacitan.

Kapolres Pacitan diisi oleh AKBP Wiwit Ari Wibisono yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubditgakkum Ditpolairud Polda Kepulauan Riau.

Kemudian, AKBP Ambariyadi Wijaya, Kapolres Probolinggo Kota, dalam jabatan barunya menjadi Wadirreskrimsus Polda Bali, sementara Kapolres Probolinggo Kota dijabat oleh AKBP Raden Muhammad Jauhari yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Metro Tanah Abang, Polres Jakarta Pusat.

AKBP Dicky Ario Yustisianto yang sebelumnya Kapolres Ngawi dalam jabatan barunya sebagai Kanit II Satresmob Bareskrim Polri, sedangkan Kapolres Ngawi dijabat oleh AKBP I Wayan Winaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Jatim. (ant/bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here