ILUSTRASI. Seorang karyawan PT. PLN tengah melakukan pemeriksaan trafo.
bongkah.id — PT PLN (Persero) menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) dua Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), dengan PT Mega Hidro Energi dan PT Wahana Energi Sejahtera. Dua PLTMH yang tenaga listriknya dijual itu ada di Bayu dan Sumberarum 2. Lokasinya di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Selesai melakukan penandatanganan di Ruang Majapahit, PLN Jawa Timur, Surabaya, Selasa (29/9/2020), General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Nyoman S Astawa mengatakan, penandatanganan itu bertujuan meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai pembangkit tenaga listrik.

Dengan ditandatanganinya SPJBTL PLTMH Bayu dan Sumber Arum 2, diharapkan, dapat menjadi salah satu upaya mencapai target pemanfaatan EBT, sebagai pembangkit listrik yang dapat menyentuh angka 25 persen pada tahun 2025. Pun mendukung pengurangan emisi karbon.

Selain itu, hadirnya PLTMH Bayu dan Sumber Arum 2 diyakini akan meningkatkan keandalan pasokan listrik pada pelanggan yang berada di sekitar lokasi tersebut. Sebab adanya perbaikan tegangan pelayanan. Ini karena kedua pembangkit itu mampu melayani tambahan 3.300 pelanggan di Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya.

“Adanya PLTMH di Bayu dan Sumber Arum 2 itu, kami harapkan mendatangkan manfaat besar untuk lingkungan sekitarnya. Juga mendorong investor untuk berinvestasi dalam pengembangan pembangkit listrik yang memanfaatkan energi baru terbarukan,” kata pria berdarah Bali itu.

Dikatakan, PLTMH Bayu yang berkapasitas 2×1,8 MW akan dikelola PT Wahana Energi Sejahtera. Sementara PLTMH Sumber Arum 2 yang berkapasitas 2×1,5 MW dikelola PT Mega Hidro Energi.

Keduanya PLTMH itu, menurut dia, diharapkan beroperasi secara resmi pada 2021 mendatang. Keduanya akan menyokong kebutuhan listrik di Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya.

Direktur PT Mega Hidro Energi, Muwardi sangat bersyukur atas selesainya penandatanganan SPJBTL itu. Setelah melalui proses cukup panjang dalam pengelolaan PLTMH.

“Kami bersyukur selesai melalui proses panjang dalam pengelolaan PLTMH tersebut. Harapan kami, ke depannya kerjasama antara kami dan PT PLN (Persero) berjalan dengan baik,” ujarnya.

Pendapat senada juga disampaikan Direktur PT Wahana Energi Sejahtera Jacob Tedjakusuma. Dia menyampaikan rasa syukur pada Alloh Azza Wa Jalla yang melancarkan proses pengelolaan PLTMH tersebut. Diyakini kerja sama dengan PT PLN itu dapat terus terjalin dengan baik. (ima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here