Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) duduk berdampingan dalam duduk dalam forum Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu (27/8/2022).

Bongkah.id – Kontestasi bakal calon presiden kian mengkristal jelang  politik jelang Pilpres 2024. Dua gubernur yang mengorbit di bursa capres, Khofifah Indar Parawansa dan Ganjar Pranowo mulai disanding-sandingkan. Keduanya nampak tersipu seraya berusaha mengelak ketika disinggung peluang berduet di 2024 nanti.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo duduk bersama dalam forum Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu (27/8/2022). Meski ajang akademik, nuansa politik pencalonan presiden terasa kental dalam forum tersebut.

ads

Dalam sambutan PKKMB, Yoga Haryo Prayogo menyebut Gubernur Khofifah dan Gubernur Ganjar layak untuk disandingkan.

“Kini adalah era mengkedepankan kolaborasi, bukan kompetisi. Pak Ganjar dan Bu Khofifah tentu ndak bisa dibanding-bandingke, tapi cocoknya disandingke,” kata Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga (Unair) Yoga Haryo Prayogo dalam sambutannya.

Sinyal dukungan duet Ganjar dan Khofifah ini disikapi secara diplomatis oleh kedua tokoh tersebut. Seraya tersipu, Gubernur Jatim nampak berusaha mengelak pernyataan Ketua BEM Unair.

“Opo ae, rek, yang keluar pertanyaannya kok itu,” ujar Gubernur Khofifah saat dikonfirmasi usai memberi motiviasi di kegiatan, Surabaya.

Baca: Memaknai Postingan Khofifah Bareng Ganjar di IG, Singgung Hubungan Kasih Antar Provinsi Sering Kandas

Menjelang tahun politik 2024, berbagai lembaga survei menyebut kedua tokoh tersebut sedang berada di puncak popularitas. Nama Ganjar dan Khofifah ditempatkan dalam daftar papan atas bursa bakal calon presiden maupun wakil presiden pada Pemilihan Umum tahun 2024.

Wong ini urusan mahasiswa kok malah tanya survei,” kata Gubernur Ganjar menimpali.

Di atas satu panggung dalam forum mahasiswa itu, Gubernur Ganjar dan Khofifah tampak bergantian menyampaikan motivasi. Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, para mahasiswa tersebut telah berhasil masuk Unair melalui persaingan yang ketat, selanjutnya didorong untuk mengembangkan diri demi mencapai cita-citanya.

“Tentunya dengan pendampingan para dosen yang diharapkan bisa memberikan talent supporting demi mengantarkan segenap mahasiswa menuju masa depan sesuai dengan potensinya masing-masing,” tambah Gubernur Ganjar Pranowo.

Sementara Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan Khofifah dan Ganjar adalah putra putri terbaik Indonesia. Kedatangan mereka ke Unair diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi mahasiswa baru.

“Forum mahasiswa ini menginisiasi untuk mendatangkan putra-putri terbaik di Indonesia agar dapat memberikan inspirasi dan informasi, khususnya adik-adik mahasiswa baru,” ucapnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini