Capres favorit pilihan kalangan emak-emak di Jawa Timur berdasar hasil survei Surabaya Survey Center (SSC). Dari kiri: Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, Prabowo Subianto dan Tri Rismaharini.

Bongkah.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi kandidat presiden 2024 favorit pilihan kaum perempuan Jawa Timur. Tingkat keterpilihannya melampaui tokoh asal Jatim sendiri seperti Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa.

Tingginya elektabilitas Ganjar Pranowo di kalangan emak-emak Jawa Timur tercatat berdasar hasil riset Surabaya Survey Center (SSC) pada 1-10 februari 2022. Mantan Anggota Komisi II DPR RI itu memperoleh dukungan 16,3% dari total responden survei sebanyak 1.070 orang.

ads

“Ganjar menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi dari pilihan emak-emak di Jatim, 16,3 persen,” kata Mochtar Wahyu Oetomo, selaku Direktur SSC di Surabaya, baru-baru ini.

Sementara dua tokoh asal Jatim lain yang juga digadang masuk bursa capres 2024, yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) hanya meraih 10,8% di posisi ketiga. Disusul Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendapat 5% dukungan.

“Ganjar lebih favorit dan populer di antara tokoh lain karena sering muncul di berbagai media sosial. Melalui pemberitaan maupun deklarasi pencapresannya yang dilakukan berbagai kelompok pendukung,” papar Ikhsan.

Prabowo Subianto menyelip di atas Risma dan Khofifah di posisi kedua dengan meraup dukungan 15,6%. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendapat 4,9% melengkapi 5 teratas capres pilihan emak-emak Jatim.

“Jadi dia (Prabowo) masih bisa membuat panggung sendiri dengan jabatannya sebagai Menteri Pertahanan saat ini,” ujar Ikhsan.

Sedangkan Risma menjadi pilihan emak-emak di peringkat ketiga karena yang bersangkutan pernah menjabat sebagai wali kota Surabaya. Selain itu, mantan Walikota surabaya itu masih menjabat sebagai menteri sosial dan dinilai memiliki daya tarik setiap melakukan kunjungan kerja.

Kemudian di peringkat keempat ada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang mampu menarik perhatian emak-emak mencapai 5 persen.

Meski demikian, Ikhsan mengatakan, bursa capres masih sangat dinamis, mengingat waktu Pilpres 2024 masih 2 tahun lagi. Menurutnya, elektabilitas kandidat bahkan bisa terjadi dalam hitungan jam.

“Termasuk frekuensi politik itu tiap waktu akan berubah tergantung dengan dinamika politik, tergantung intensitas komunikasi politik tokoh-tokoh tersebut. Banyak faktor lain yang akan mengubah dinamika politik,” pungkas Ikhsan.

Survei elektabilitas capres 2024 dilaksanakan SSC menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap kartu keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid. (bid)

Berikut elektabilitas Capres pilihan emak-emak Jatim berdasar hasil survei SSC:

  1. Ganjar Pranowo 16,3%
  2. Prabowo Subianto 15,6%
  3. Tri Rismaharini 10,8%
  4. Khofifah Indar Parawansa 5%
  5. Anies Baswedan 4,9%

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini