Pelaksanaan gladi bersih Pelantikan 17 kabupaten/Kota di Jatim yang dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Bongkah.id – Sebanyak 17 pasangan kepala daerah terpilih 2021-2024 di Jawa Timur akan dilantik di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (25/2/2021) besok. Sedangkan pelantikan duet Bupati-Wakil Bupati Pacitan dan Tuban masih harus menunggu berakhirnya masa jabatan petahana.

Rencananya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang bakal melantik dan mengambil sumpah jabatan 17 pasangan kepala daerah terpilih periode 2021-2024. Sementara pelantikan Bupati-Wabup Pacitan menunggu masa jabatan kepala daerah petahana berakhir pada 4 April 202 dan Bupati-Wabup Tuban yang masa jabatannya berakhir pada 20 Juni 2021.

“Nanti hanya kepala dan wakil kepala daerah didampingi isteri (atau suami). Rombongan menyaksikan dari daerah masing-masing secara virtual,” ucap Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim Jempin Marbun.

Adapun 17 kepala daerah yang bakal dilantik itu yakni Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Ngawi, Lamongan, Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang. Kemudian Kabupaten Blitar, Sumenep, Situbondo, Banyuwangi, Jember, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Usai prosesi tersebut, acara akan dilanjutkan dengan pelantikan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tingkat Kabupaten/Kota.
Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK yang sekaligus merupakan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Elistianto Dardak.

Acara pelantikan juga dibagi menjadi tiga sesi untuk menghindari kerumunan. Sesi pertama pukul 09.00 WIB diikuti 6 pasang kepala daerah, sesi kedua pukul 13.00 WIB untuk 6 pasang kepala daerah.

Kemudian, sedangkan sesi terakhir pukul 16.00 WIB diikuti 5 pasang kepala daerah. Jempin mengakui, sebelumnya memang sempat muncul opsi pelantikan dilakukan secara virtual, namun karena prosesi pelantikan dianggap momen sakral, akhirnya boleh dilantik langsung dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Sebelumnya pelantikan 17 bupati/wali kota terpilih di Jawa Timur diundur dari jadwal semula 17 Februari 2021. Pelantikan tersebut diundur lantaran masih menunggu hasil sengketa tiga Pilkada di Mahkamah Konstitusi, yakni Pilkada Kota Surabaya, Pilkada Banyuwangi, dan Pilkada Lamongan. (bid)

Berikut 17 pasangan kepala daerah di Jatim yang dilantik Jumat (26/2/2021):

1. Kota Surabaya: Eri Cahyadi-Armuji.

2. Kabupaten Situbondo: Karna Suswandi-Nyai Khoirani

3. Kabupaten Jember: Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman

4. Kabupaten Malang: Sanusi-Didik Gatot Subroto

5. Kabupaten Blitar: Rini Syarifah-Rahmad Santoso

6. Kota Blitar: Santoso-Tjutjuk Sunario

7. Kabupaten Trenggalek: Mochamad Nur Arifin-Syah Mohammad Natanegara

8. Kabupaten Kediri: Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa

9. Kabupaten Ponorogo: Sugiri Sancoko-Lisdyarita

10. Kabupaten Ngawi: Ony Anwar-Dwi Riyanto Jatmiko

11. Kabupaten Lamongan: Yuhronur Effendi-KH Abdul Rouf

12. Kabupaten Gresik: Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah

13. Kabupaten Sidoarjo: Ahmad Muhdlor Ali-Subandi

14. Kabupaten Mojokerto: Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarraa

15. Kabupaten Sumenep: Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah

16. Kota Pasuruan: Saifullah Yusuf-Adi Wibowo

17. Kabupaten Banyuwangi: Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here