Mantan Menpora Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka oleh penydik Polda Metro Jaya terkait kasus penyebaran ujaran kebencian dalam meme Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo yang dia unggah di akun Twitter @KRMTRoySuryo2.

Bongkah.id – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo akhirnya ditetapkan menjadi tersangka kasus penyebaran meme stupa Candi Borobudur. Meme tersebut diunggah melalui akun Twitter pribadinya, @KRMTRoySuryo2.

Roy menjalani pemeriksaan mulai pukul 10.30 WIB sebelum akhirnya diumumkan sebagai tersangka, Jumat (22/7/2022). Meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo itu menjadi salah satu bukti polisi dalam penyidikan kasus ini.

ads

” Hari ini bener sedang diriksa di Polda Metro dengan status sebagai tersangka ,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Dia menyebut unggahan Roy Suryo soal meme stupa Candi Borobudur di akun media sosialnya dan berujung viral di masyarakat yang membuat Roy Suryo dianggap berperan dalam menyebarkan ujaran kebencian dan penodaan agama.

“Tentunya postingannya ini yang membuat viral,” ujar Zulpan.

Zulpan menjelaskan ada dua laporan terhadap Roy Suryo yang telah naik ke tingkat penyidikan. Yakni laporan Kurniawan Santoso di Polda Metro Jaya dan pelapor bernama Kevin Wu di Bareskrim Polri.

“Yang dilaporkan oleh para pelapor itu adalah postingan Roy Suryo,” ungkapnya.

Roy Suryo sendiri juga membuat laporan terkait meme stupa Candi Borobudur. Mantan Menpora itu melaporkan tiga akun media sosial yang dianggapnya sebagai pengunggah pertama.

Namun Zulpan tidak menjawab pasti kelanjutan status laporan Roy Suryo sebagai pelapor tersebut. Dia menyebut pihaknya akan berfokus pada dua LP Roy Suryo sebagai terlapor yang kini naik penyidikan.

“Kalau tadi pertanyaannya (Roy Suryo) dipanggil sebagai pelapor ya, saya tidak bisa sampaikan. Karena yang saya sampaikan adalah hasil gelar perkara naik ke penyidikan adalah terhadap dua laporan polisi itu,” jelas Zulpan.

Roy Suryo diketahui telah menghapus postingannya itu setelah menuai kritikan. Namun sejumlah netizen telah menangkap layar postingannya itu.

Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg ikonik di Borobuduru itu, LUCU, he-3x AMBYAR.” demikian cuitan Roy Suryo. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini