Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menunjungi lokasi pameran 'Suatu Hari yang Baik 2045' di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Di akhir acara, Basuki kembali menekankan bagaimana mewujudkan sebuah visi seperti ‘Suatu Hari yang Baik 2045’ melalui aksi. “Saya butuh yang kayak gini. Saya yang pulling down to the earth, do it. Kerjakan dan itu mulai sekarang,” tegas Basuki.

Sebelumnya, Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Kementerian PUPR, Dian Irawati menyampaikan laporan kepada Menteri Basuki terkait pameran ‘Suatu Hari yang Baik 2045’. Ia memaparkan, semua yang disajikan dalam pameran ini berdasar kajian sejarah dan menjadi referensi perkotaan di masa depan.

ads

Termasuk dengan menggunakan artificial inteligent untuk memproyeksikan perkembangan perkotaan di tanah air.

“Ke depan permukiman sudah seharusnya mulai vertikal (dibangun ke atas) tapi hijau, dan direncanakan dengan pengolahan limbah yang sudah terencana, penggunaan solar panel, sampai panen air hujan. Di 2045 walaupun modern tapi semua sudah seharusnya berkelanjutan,” papar Ira.

Direktur Jendral (Dirjen) Cipta Karya, Diana Kusumastuti menguatkan pemaparan Menteri Basuki dan Dian Irawati.

“Mudah-mudahan kita bisa mewujudkan mulai dari sekarang. Saya tidak ngomong 2045-nya, tapi mulai dari sekarang upaya-upayanya,” tutur Diana.

Sebelum meninjau pameran, Basuki Hadimuljono sempat melepas acara fun walk dan parade bersih-bersih memperingati Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2023. Tak hanya melepas peserta, Basuki juga ikut jalan santai bersama para pegawai Kementerian PUPR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi istri mengikuti jalan santai bersama para pegawai Kementerian PUPR.

Kegiatan dimulai dari halaman Kantor Kementerian PUPR di Jalan Pattimura, menyisir Jalan Sudirman, dan berakhir di Indonesia Arena, tempat diselenggarakannya pameran ‘Suatu Hari yang Baik 2045’.

Sambutan positif mengemuka dari para pengunjung pameran. Salah satunya Prayoga, seorang content creator yang menilai acara ini sangat menginspirasi masyarakat terutama anak-anak muda Indonesia

“Sangat keren banget, terus banyak banget pelajaran dan makna yang bisa kita ambil.. Terima kasih banyak untuk Kementerian PUPR yang sudah menyelenggarakan pameran ini,” tutur dia.

Tak hanya mendapat pengalaman, Prayoga merasa memperoleh inspirasi dari pameran. Harapannya, ke depan, masyarakat Indonesia dapat lebih sadar pentingnya kebersihan lingkungan sekitarnya.

“Semoga kota-kota di Indonesia bisa secantik dan seindah yang ada di pameran,” tukas Prayoga.

Selain pameran, sejumlah talkshow dan webinar telah diselenggarakan, termasuk pembelajaran praktik terbaik dalam menangani isu-isu perkotaan, Parade Bersih-Bersih, dan lomba Urban Photo Rally. Acara puncaknya adalah National Urban Forum yang akan digelar pada 19 Oktober 2023.

Ada pula kuis yang mengundang opini masyarakat untuk menyampaikan harapannya terhadap kota tempat mereka tinggal di masa depan. Informasi lebih rinci dapat dilihat di akun instagram Balai Kawasan Permukiman dan Perumahan @pupr_ck_bkpp dan Ditjen Cipta Karya @pupr_ciptakarya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini