Salah satu pesert amembawa Ikan Lele berukuran jumbo yang ikut dilombakan dalam Kontes Gede-Gedean Ikan Lele yang digelar Pemkab Kediri, Jawa Timur.

Bongkah.id – Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar kontes gede-gedean Ikan Lee. Pagelaran ini diklaim yang pertama di Indonesia.

Alasan Pemkab Kediri menggelar kontes Ikan Lele atas instruksi Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengingat  besarnya potensi produksi ikan berkumis tersebut di Bumi Panjalu. Pada tahun 2022 lalu, produksi Ikan Lele di wilayah ini yakni mencapai 16.300 ton.

ads

“Kontes gede2 an lele pertama di Indonesia, event pertama ini untuk pembudidaya di Kabupaten Kediri,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafid.

Peserta yang dikhususkan bagi pembudidaya tersebut dimaksudkan untuk edukasi serta sebagai ajang promosi. Ke Depan, lanjut Nur Hafid, kontes ini akan dibuka untuk umum.

Nur Hafid menambahkan, dalam kontes tersebut ditemukan lele terbesar mencapai 12 kilogram. Selain besarnya, pemenang dinilai dari kondisi morfologinya atau bentuk dari ikan lele.

Selain kontes gede-gedean lele, Pemerintah Kabupaten Kediri juga menggelar kontes betta atau ikan cupang dan kontes channa. Ketiga kontes yang berlangsung bersamaan di basement Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) pada 17-19 Maret 2023.

Kontes tersebut juga menyita perhatian pengunjung. Dimana saat berkunjung ke monumen yang menjadi pusat ekonomi di Kabupaten Kediri itu bisa sekaligus melihat berbagai macam ikan hias.

“Menurut saya menarik. Bisa melihat ikan yang bagus-bagus, kebetulan sama anak, anak saya juga suka,” kata Nur Wiyono, salah satu pengunjung.

Pria berusia 35 tahun yang datang bersama anak dan istrinya itu mengaku awalnya tak mengetahui adanya kontes ikan tersebut. Namun, setelah melihat banner agenda tersebut di parkiran SLG, pihaknya mengaku tertarik untuk melihat.

“Awalnya nggak tahu ya, tahu dari banner,” pungkasnya. (any)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini