Jelang perayaan tahun baru imlek 2023, bisnis pembuatan dupa di Desa Bawangan, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang mengalami peningkatan hingga mencapai 300 persen.

Bongkah.id – Jelang perayaan tahun baru imlek 2023, bisnis pembuatan dupa di Desa Bawangan, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang mengalami peningkatan hingga mencapai 300 persen.

“Alhamdulillah menjelang Imlek seperti tahun kemarin peminat dupa mengalami peningkatan hampir 300 persen,” ujar Pengrajin Dupa Fakhrurrohman (30) pada Rabu (18/1/2023).

Berbeda dengan hari-hari biasa, permintaan dupa hanya bergerak di toko miliknya yang terletak di tepi jalan raya Desa Bawangan, Ploso, Jombang miliknya, serta laku di penjualan online.

“Kalau hari-hari biasa permintaan dupa hanya bergerak di toko, dan penjualan online. Mentok perhari laku 10 sampai 30 kg,” bebernya.

Sementara pada jelang Imlek 2023 ini penjualan mencapai 3 ton dalam satu bulan. “Skala bulan ini hampir 3 ton, jika di hitung peningkatan hampir 300 persen,” jelasnya.

Tak heran jika banyak peminat dupa milik Fakhrurrohman ini, karena jenis dupa yang ia jual adalah dupa murni dari serbuk alami Garu dan juga Cendana.

“Jenis dupa kami ini dupa murni dari Garu dan Cendana, tidak ada tambahan apa-apa jadi alami dari serbuk kayu Garu dan Cendana,” jelasnya.

Dijelaskan Fakhrurrohman, pembeli saat menjelang tahun baru Imlek 2023 ini dari berbagai daerah, mulai dari Bali, Semarang, Batam, hingga Jakarta.

Sementara harga dupa garu dan Cendana murni ini hanya di bandrol sebesar Rp 100 sampai Rp 200 ribu saja per kilogram. (ima)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here