proses bio visa di kantor Kemenag Jombang, Rabu (17/1/2024). Foto: Karimatul Maslahah.

Bongkah.id – Ribuan calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, belum melakukan pelunasan biaya haji sebesar Rp 60.526.334. Hal itu disebabkan adanya kendala pada sistem input istitha’ah kesehatan.

Kepala Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir menjelaskan, saat ini, para jemaah sedang melakukan proses, pelunasan biaya haji tahap pertama. Namun, hingga hari ini belum ada satupun jemaah haji yang melakukan pelunasan karena ada kendala di sistem input istitha’ah (kemampuan) kesehatan.

ads

“ya ada kendala sistem di istitha’ahnya. Jadi saat jamaah haji sudah datang ke bank, untuk melunasi tetapi istitha’ah kesehatannya belum terinput, jadi mereka belum bisa melunasi,” jelas Muhajir, Rabu (17/1/2024).

Akibat kendala itu, hingga kini belum ada CJH yang melakukan pelunasan. Meski batas waktu pelunasan biaya haji tahap pertama ini masih akan berakhir di tanggal 12 Februari nanti.

“Jadi pelunasan tahap 1 ini dimulai dari tanggal 10 Januari kemarin, sampai tanggal 12 Februari 2024,” ungkap Muhajir. Apabila pemenuhan kuota haji tahap satu tidak terpenuhi, pihaknya membuka tahap dua.

“Seandainya ada jamaah haji yang gagal sistem, yang melunasi tahap pertama, nanti bisa melakukan pelunasan tahap kedua,” ujar Muhajir.

Selain itu, nantinya para CJH ini tidak perlu khawatir lantaran gagal melakukan pelunasan biaya haji tahap pertama, karena nantinya juga akan ada penggabungan mahram, dan lain sebagainya.

“Nanti juga akan ada penggabungan mahram, kemudian pendampingan lansia, sama pendampingan jamaah yang disabilitas, yang ada di tahap dua nanti,” tutur dia.

Muhajir merinci, pelunasan biaya haji tahap pertama untuk CJH 2024 untuk embarkasi Surabaya, sebesar Rp 60. 526.334.

“Artinya ketika jamaah sudah punya tabungan awal atau setoran awal sebesar Rp 25.000.000, maka mereka harus melakukan pelunasan biaya haji sebesar Rp 35.526.334, itu,” kata Muhajir.

Muhajir mengatakan, CJH yang akan berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji totalnya ada sekitar 1.440 CJH. Rrinciannya jamaah yang urut porsi (reguler) ada 1.084 jemaah dan kuota lansia ada 39 orang.

“Dan dari kuota cadangan ada 317. jadi total ada 1.440 jemaah,” kata Muhajir. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini