PEBALAP Ducati Andrea Dovioso membuktikan masih terbaik di GP Austria. Keistimewaan itu kembali dibuktikan dengan menjuarai GP Austria musim 2020, Minggu (16/8/2020) waktu setempat. Sukses itu mengatrol posisinya di klasemen sementara pebalap ke posisi dua besar. Kalah 11 poin dari peringkat pertama Fabio Quartararo yang mengoleksi 67 poin.

bongkah.id – Andrea Dovizioso menjuarai Grand Prix Austria, Minggu (16/8/2020) waktu setempat. Kemenangan itu membuat pebalap Ducati itu naik ke peringkat dua klasemen. Pimpinan klasemen masih ditempati Quartararo dengan keunggulan 11 poin.

Suksesnya di Sirkuit Red Bull Ring itu membuktikan Dovi belum terkalahkan di GP Austria. Tahun ini kemenangan ketiga kalinya. Dia sekaligus menegaskan kekuatan Ducati. Selalu menang di sirkuit itu sejak 2016. Ironisnya terjadi saat sang pebalap Italia itu memutuskan ‘bercerai dengan Ducati’. Setelah akhir musim ini.

Sementara finish kedua ditempati Joan Mir. Pembalap Suzuki itu memanfaatkan kesalahan Jack Miller. Melibas tikungan terlalu melebar jelang finis. Kesalahan itu membuat pebalap tim Pramac itu harus puas di peringkat tiga. Demikian laman resmi MotoGP.

Sedangkan persaingan dalam GP Austria musim ini, diwarnai insiden tragis. Melibatkan beberapa pembalap saat berpacu dalam kecepatan tinggi.
Setelah adu kebut selepas lampu hijau menyala.

Drama pertama melibatkan dua pembalap. Franco Morbidelli dan Johann Zarco pada lap kesembilan. Motor kedua pembalap bersinggungan jelang tikungan ketiga.

Morbidelli dan Zarco terjatuh. Namun dua motor mereka masih melaju kencang. Tak terkendali. Motor milik Morbidelli dan Zarco nyaris menghantam Valentino Rossi. Juga Maverick Vinales. Saat mereka sedang melintasi tikungan ketiga.

Dalam tayangan ulang. Terlihat Rossi cukup kaget. Tetiba sebuah motor terbang di atas kepalanya dari sebelah kanan. Beruntung Rossi tidak mengalami kecelakaan. Pebalap Yamaha tersebut finis di peringkat kelima.

Setelah kecelakaan nahas tersebut, bendera merah sempat dikibarkan. Balapan ditunda beberapa waktu.

Tak hanya Morbidelli dan Zarco yang harus gagal finis. Pol Espargaro dan Miguel Oliveira bersenggolan di tengah balapan. Keduanya tak bisa menyelesaikan balapan.

Pada tikungan keempat lap kesembilan, setelah balapan kembali dimulai. Laju Pol melebar. Motornya bersinggungan dengan motor Oliveira. Yang berada di sisi dalam. Kedua pembalap terlihat beradu argumen. Sesaat setelah bangun dari jatuh.

Tidak lama setelah kecelakaan tersebut, Alex Rins harus mengubur impian naik podium. Pembalap Suzuki yang sedang berada di posisi kedua itu terjatuh, di tikungan kelima lap kesepuluh.

Drama yang terjadi di GP Austria bukan hanya mengenai kecelakaan. Juga, kesulitan yang menimpa Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Start dari baris terdepan, kedua pembalap Yamaha itu gagal menempati podium. Vinales yang sempat berada di posisi kedua dari belakang, harus puas di peringkat ke-10. Sementara Quartararo mengakhiri balapan di urutan kedelapan.

Sedangkan duel perebutan peringkat kedua yang melibatkan Joan Mir dan Jack Miller menjadi drama penutup MotoGP Austria. Mir yang berada di belakang Miller mampu memanfaatkan tikungan terakhir. Untuk menyalip. Mir pun finis kedua. Sukses itu merupakan podium pertamanya di musim ini.

Sementara itu di kelas Moto2, Enea Bastianini tergeser dari puncak klasemen. Melorot ke peringkat dua. Menyusul insiden kecelakaan yang melibatkan empat pebalap di awal lomba.

Siaran ulang menunjukkan Bastianini terjatuh. Setelah keluar Tikungan 1. Ia kehilangan kendali motornya di trek menanjak hingga terjatuh.

Hafizh Syharin yang berada di rombongan belakang. Tidak dapat menghindari motor Bastianini yang terjatuh di jalurnya. Seketika tabrakan keras kedua motor terjadi.

Edgar Pons dan pebalap Indonesia Andi Farid Izdihar juga terlibat. Setelah cek medis. Bastianini, Pons dan Izdihar dinyatakan bebas dari cedera. Namun tidak restart lomba. Demikian pula Syahrin. Harus menjalani pemindaian CT. Mengecek ada tidaknya retakan.

Jorge Martin membawa KTM menjuarai balapan di sirkuit kandangnya itu. Menggalahkan Luca Marini dan Marcel Schrotter yang melengkapi podium hari itu.

Martin naik ke peringkat tiga klasemen. Yang kini dipimpin Luca Marini untuk tim Sky Racing VR46. Luca membukukan total 78 poin. Unggul lima poin dari Bastianini. (rim)

Hasil MotoGP Austria 2020
1. A. DOVIZIOSO 28 menit 20,853 detik
2. J. MIR +1.377
3. J. MILLER +1.549
4. B. BINDER +5.526
5. V. ROSSI +5.837
6. T. NAKAGAMI +6.403
7. D. PETRUCCI +12.498
8. F. QUARTARARO +12.534
9. I. LECUONA +14.117
10. M. VIÑALES +15.276

Klasemen MotoGP 2020 Usai GP Austria
1. Fabio Quartararo 67 poin
2. Andrea Dovizioso 56 poin
3. Maverick Vinales 48 poin
4. Brad Binder 41 poin
5. Valentino Rossi 38 poin
6. Takaaki Nakagami 37 poin
7. Jack Miller 36 poin
8. Franco Morbidelli 31 poin
9. Joan Mir 31 poin
10. Johann Zarco 28 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here