Kodim 0809/Kediri mengadakan sosialisasi peternakan bagi warga Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, pada Senin (14/10/2024).
Kodim 0809/Kediri mengadakan sosialisasi peternakan bagi warga Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, pada Senin (14/10/2024).

Bongkah.id– Dalam rangka mendukung program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 TA 2024, Satgas TMMD Kodim 0809/Kediri mengadakan sosialisasi peternakan bagi warga Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, pada Senin (14/10/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program non-fisik TMMD yang bertujuan meningkatkan kreativitas dan inovasi warga, khususnya dalam sektor peternakan.

ads

Sosialisasi yang digelar di Aula Desa Pagung ini bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri. Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Nur Solikin, seorang dosen praktisi dari Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, yang memaparkan berbagai informasi penting seputar peternakan.

Nur Solikin menjelaskan bahwa sosialisasi ini sangat penting bagi warga, terutama bagi mereka yang menekuni usaha peternakan. “Sosialisasi ini bertujuan untuk menggugah kreativitas dan inovasi warga dalam mengembangkan usaha peternakan. Selain itu, kegiatan ini juga mempermudah praktik di lapangan, serta berpotensi meningkatkan penghasilan warga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Nur Solikin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pembelajaran bagi para pelaku usaha peternakan agar lebih cakap dalam mengakses berbagai informasi penting, mulai dari pasar, teknologi, permodalan, hingga sumber daya lainnya. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, serta pendapatan warga.

“Harapan dari sosialisasi ini adalah terciptanya masyarakat peternak yang lebih produktif, mampu memanfaatkan peluang usaha dengan baik, serta meraih kehidupan yang lebih sejahtera,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini disambut antusias oleh warga setempat. Mereka berharap ilmu yang diberikan dalam sosialisasi ini dapat diaplikasikan untuk mendukung keberlanjutan usaha peternakan di desa mereka dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Program TMMD 122 Kodim 0809/Kediri tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan edukatif seperti sosialisasi peternakan ini. (wan/rf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini