Riyanto, menunjukkan panel PLTS mini di rumahnya, Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (11/9/2023).

Dijelaskan, produksi listrik dirumahnya untuk kulkas dan tiga lampu sekitar 150 watt. Sedangkan, dari panel surya bisa menghasilkan 250 hingga 360 Watt sehingga masih ada sisa daya yang cukup banyak.

”Karena memiliki sisa daya yang cukup banyak, meteran PLN di rumah saya sempat mengalami kerusakan, sehingga harus diganti yang baru. Begitu pula sistemnya harus diganti dengan PLTS off grid,’’ jelas dia.

ads

Waktu berjalan, Riyanto mendapat arahan dari PLN jika boleh menggunakan PLTS on grid asalkan daya yang diambil maksimal 20 persen dari daya terpasang. Artinya, jika daya listrik yang terpasang 900 watt maka PLTS hanya 200-250 WP.

”Sehingga saya rubah jadi off grid dan menambah lagi panel surya,’’ jelas dia.

Dari hasil instalasi PLTS dirumahnya, Riyanto bisa menyalakan menyalakan satu kulkas dan tiga lampu selama 24 jam nonstop. Estimasi itu, jika kondisi terik berlangsung sepanjang hari seperti beberapa bulan ini.

Namun jika terjadi mendung dan tidak ada terik matahari maka kulkas dan tiga lampu menyala kurang dari 24 jam.

”Kalau cuaca panas seperti sekarang bisa menghasilkan listrik 90 persen, kalau mendung, hujan, bisa 70 persen,’’ jelas pria kelahiran 18 Desember 1959 ini. (ima)

1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini