Riyanto, menunjukkan panel PLTS mini di rumahnya, Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (11/9/2023).

Bongkah.id – Keuletan Riyanto (64), warga Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur, membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) mini di rumahnya patut diacungi jempol. Rentetan eksperimen yang dilakukan sejak pensiun sebagai guru tahun 2020 lalu akhirnya membuahkan hasil sehingga dia bisa menghemat untuk biaya pengeluaran listrik di rumahnya.

Terik cukup menyengat siang itu. Sesosok pria paro baya tampak sibuk naik ke atap rumahnya dan membersihkan beberapa panel surya dengan kemoceng. Debu yang membandel kemudian bersih dan panel surya menjadi bersih.

ads

Ya, itulah rutinitas Riyanto beberapa tahun ini. Sejak purna tugas dari profesinya guru ketrampilan di SMPN 3 Jombang, ia menyibukkan diri dengan membuat PLTS mandiri dirumahnya.

Sebelum ada PLTS, Riyanto mengeluarkan sekitar Rp 200 ribu untuk pembayaran listrik. Namun, sekarang ia bisa menghemat hingga 65 persen.

”Sejak ada ini, berkurang sampai Rp 125 ribu, jadi bayar listrik PLN hanya Rp 75 ribu rupiah per bulan,’’ papar dia.

Disinggung soal biaya pembuatan PLTS? Riyanto mengaku membeli secara bertahap lewat pasar online. Namun jika dikumpulkan estimasi hitungan total mencapai Rp 25 juta.

”Kemungkinan Rp 20-25 juta. Tapi tidak terasa, karena membelinya bertahap sampai empat tahun ini,’’ papar Riyanto, Senin (11/9/2023). .

Dijelaskan, proses PLTS mini dirumahnya bekerja berawal dari terik surya yang ditangkap panel. Setelah itu, energi yang dihasilkan panel masuk ke Miniature Circuit Breaker (MCB) alias pemutus arus listrik. MCB berfungsi membagi arus listrik dari panel ke baterai. Setelah melalui MCB, listrik akan dilairkan ke SCC sebelum akhirnya diturunkan ke baterai.

”Di SCC ini diatur tegangannya, dari 18 volt diturunkan jadi 14 volt. Tegangan 14 volt itu mengisi ke baterai ini. Karena kalau langsung turun 18 volt baterinya tidak kuat,’’ jelas dia.

1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini