Berbagai lukisan masjid dipamerkan di Museum Minha KH Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (11/3/2023).

Bongkah.id – Sejumlah komunitas dan kelompok masyarakat di beberapa daerah masih memperingati perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) lewat berbagai acara. Salah satunya, pagelaran pameran lukisan yang diselenggarakan oleh Komunitas Pelukis (KOPI) Kabupaten Jombang.

Ketua KOPI Jombang Choirul Anas mengatakan, pameran lukisan yang digelar di Museum Islam Nusantara (Minha) KH Hasyim Asy’ari Tebuireng mengusung tema 100 masjid Nusantara. Menurutnya, tema itu sebetulnya inisiatif lanjutan di Museum Minha.

ads

“Dan bertepatan dengan peringatan 1 abad NU atau 100 tahun NU, akhirnya kami ambil angka 100 untuk jumlah karya lukisan yang kita pamerkan,” kata Choirul, Sabtu (11/3/2023).

Choirul mengaku, dalam mengerjakan lukisan 100 masjid Nusantara itu ia membutuhkan waktu selama satu bulan bersama 2 temannya yakni Joko Priono, Sholeh Nugroho.

“Kita bertiga mengerjakan karya lukisan 100 masjid itu hanya dalam kurun waktu satu bulan,” ungkapnya.

Baru saja digelar, salah satu lukisan masjid Nusantara yang terpampang sudah di tawar oleh sejumlah penikmat lukisan yang berada diluar Kabupaten Jombang.

“Tadi ada salah satu pengunjung yakni Bapak Iskandar manager Museum Prasejarah Religi dan Pusinfo Yogyakarta membeli salah satu dari karya kami,” bebernya.

Selain dalam rangka memperingati 1 abad NU, ia juga ingin mengenalkan kepada publik khususnya para pelajar untuk mengetahui keberagaman arsitek di Indonesia termasuk dalam pembuatan masjid yang memiliki keunikan masing-masing.

“Keberagaman arsitek Indonesia itu sangat unik sekali dibandingkan negara, dan kita disini memvisualisasikannya dengan lukisan untuk dapat mereka pelajari,” tutupnya.  (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini