PENAMPILAN First Lady AS, Jill Biden bersama dua anjing German Shepperd, Champ dan Major saat meramaikan Pilpres AS 2020.

bongkah.id – Tradisi Gedung Putih sejak era Presiden George Washington yang dihilangkan Donald Trump, dipastikan kembali pasca Jow Biden dilantik sebagai Presiden AS periode 2021-2024. Tradisi adanya anjing piaraan.

Kepastian itu menjadi spekulasi para pengamat, karena Joe dan Jill Biden istrinya memiliki dua anjing herder. Jenis german shepherd itu bernama Champ dan Major. Karena itu, Champ dan Major akan menjadi anjing berikutnya yang merasakan kenyamanan Gedung Putih, setelah Bo dan Sunny, anjing portugugese water dog peliharaan keluarga Barack Obama saat menjadi tuan rumah Gedung Putih selama dua periode (2009-2017).

Kehadiran Champ dan Major akan mengembalikan tradisi sejak era George Washington. Presiden AS pertama itu memiliki anjing di Gedung Putih. Tradisi itu terus ada sampai kepemimpinan Obama. Namun tradisi itu dihilangkan saat Trump menjabat Presiden AS sejak 2016 silam.

Sebagai diungkap New York Post edisi Sabtu (7/11/2020), Champ merupakan hadiah Biden untuk Jill, setelah hasil Pilpres 2008 memastikan Obama dan Biden terpilih sebagai duet pemimpin AS. Pada waktu yang sama, Obama juga berjanji akan memberi putrinya, Malia Ann Obama, seekor anjing.

SAAT menjabat Presiden AS selama dua periode 2009-2017, Barrack Obama dan keluarga juga memelihara dua anjing jenis portugugese water dog, Bo dan Sunny. Kedua anjing tersebut hampir selalu menyertai keluarga Obama saat pelesiran di kompleks Gedung Putih maupun di tempat peristirahatan di Camp David.

Karena itu, sehari pasca pengumuman pemenang, Jill mendapat hadiah Champ dari Biden. Sementara Malia mendapatkan hadiah Bo yang berjenis portugugese water dog dari Obama. Kedua anjing itu masih kecil. Postur tubuhnya masih lucu. Sejak itu, kedua keluarga pemimpin AS itu sering dijepret paparazi dalam bermain dengan anjing masing-masing. Secara natural, mereka tampil sebagai keluarga yang bahagia dan semarak.

NBC News melaporkam, Biden membeli Champ dari seorang peternak di Pennsylvania. Sementara Major akan menorehkan sejarah sebagai anjing penyelamat pertama di Gedung Putih.

Sebagaimana dilansir People, pada 2018 keluarga Biden mengadopsi Major setelah putri mereka, Ashley dari Delaware Humane Association, mengirimkan foto Major kepada ayahnya. Organisasi tersebut kemudian mengunggah berita pengadopsian Major oleh keluarga Biden di laman Facebook-nya. Keluarga Biden mengadopsi Major, sepuluh tahun setelah pasangan itu merawat dan menyayangi anjing herder pertamanya, Champ.

“Kami sangat senang menyambut Major ke keluarga Biden. Kami berterima kasih kepada Delaware Humane Association atas pekerjaan mereka menemukan rumah selamanya untuk Major. Juga hewan lain yang tak terhitung jumlahnya,” kata keluarga Biden dalam sebuah pernyataan kala itu.

Champ disambut pada Natal 2008. Dia tinggal di kediaman wakil presiden di US Naval Observatory selama dua masa jabatan Obama-Biden. Champ dan Major sering tampil di laman media sosial keluarga Biden. Bahkan, keduanya membuat beberapa penampilan khusus menjelang Pilpres AS 2020.

Selama kampanye, Biden juga menyatakan, dia ingin membawa peliharan anjing kembali ke Gedung Putih. Dia ingin mengembalikan tradisi Gedung Putih, yang sejak 2016 silam dihilangkan secara paksa. Ini karena setidaknya ada 30 presiden AS sebagai ditulis sejarah, pernah memelihara anjing di Gedung Putih.

Pekan lalu, Biden mengunggah potongan video Trump yang mempertanyakan penampilannya jika membawa anjing di Gedung Putih. Ini karena keluarga Trump terkenal tidak menyukai hewan peliharaan.

“Mari kita kembalikan anjing ke Gedung Putih,” cuit Biden pada Minggu (1/11/2020), disertai keterangan “Champ dan Major untuk DOTUS”.

Sementara itu, Kamala Harris, wakil presiden terpilih, sampai saat ini tidak memiliki anjing. Namun, wanita berdarah India itu tercatat sebagai sosok yang pro-hewan peliharaan. Pada 2019, mantan Jaksa Agung California itu sempat mencuit kolase anjing yang mengunjungi kantornya. (ima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here