Mark Zuckerberg kehilangan USD 7 miliar atau setara RP 99,8 triliun akibat tiga aplikasi terpopuler milik perusahaannya, Facebook, Whatsapp dan Instagram tumbang sekitar 6 jam pada Senin (4/10/2021) malam.

Bongkah.id – Tiga platform media sosial paling populer, Facebook, Whatsapp dan Instagram mengalami down connection pada Senin (4/10/2021) malam. Kejadian itu membuat sang pemilik ketiga aplikasi Mark Zuckerberg, kehilangan USD 7 miliar atau setara RP 99,8 triliun.

Facebook, WhatsApp, Facebook dan Instagram yang tumbang selama lebih dari 6 jam pada Senin malam langsung menyedot harta kekayaan pribadi Mark Zuckerberg. Bahkan, posisi konglomerat muda itu terjun bebas dalam daftar orang terkaya di dunia.

ads

Dikutip dari Entrepreneur, saat ini Mark Zuckerberg turun posisi keenam dengan harta kekayaan sejumlah USD 120,9 miliar. Menurut Bloomberg Billionaires Index, ia sempat menempati posisi kelima dalam daftar orang terkaya di dunia dengan harta senilai USD 121,5 miliar atau turun USD 366 juta.

Perusahaan pengukuran iklan Standard Media Index memperkirakan Facebook kehilangan sekitar USD 545 ribu atau setara Rp 7,7 miliar per jam selama gangguan itu terjadi. Saham facebook pun anjlok sekitar 5 persen.

Facebook, WhatsApp, dan Instagram tidak bisa diakses pada Senin (4/10/2021) mulai sekira 22.44 WIB. Platform pesan instan dan aplikasi media sosial ini tidak berfungsi untuk mereka di platform Android, iOS, dan situs internet.

DownDetector melaporkan, gangguan pada platform media sosial milik Mark Zuckerberg itu telah terjadi di berbagai negara Eropa, Asia, Amerika Latin, dan Amerika Utara. Facebook bersama dengan layanan Instagram dan WhatsApp baru pulih mulai Selasa (5/10/2021) pagi.

“Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah mendukung kami,” kata Facebook dikutip Selasa (5/10/2021) pagi.

Setelah pengumuman itu, beberapa pengguna Facebook mulai mendapatkan kembali sebagian akses ke tiga aplikasi tersebut. Mereka masih mengumpulkan gelombang investigasi di sekitar jejaring sosial yang menjadi penyebab tumbangnya tiga aplikasi medsos. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini