Presiden Joko Widodo saat meninjau Pameran Karya Kreatif Indonesia di JCC Senayan, Jakarta, 12 Juli 2019 lalu. Tahun 2021 ini, pemerintah kembali akan mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk menstimulus UMKM dan sektpr pariwisata.

Bongkah.id – Pemerintah kembali akan menggelontor bantuan untuk pelaku UMKM dan pariwisata. Anggaran sebesar masing-masing Rp 400 miliar dan Rp 2 triliun akan dikucurkan pada 20 April dan Juni-Juli 2021.

Bantuan langsung tunai (BLT) itu untuk menstimulus pelaku UMKM dan sektor pariwisata. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara pembukaan UKM Jabar yang disiarkan YouTube Kemenkop UKM, Sabtu (3/4/2021).

“Laporan yang saya dapat demand terus naik, dan juga nanti stimulus Rp 400 miliar tanggal 20 bulan ini akan diluncurkan,” kata Luhut.

Namun, Luhut tidak merinci pemanfaatan stimulus Rp 400 miliar tersebut, termasuk akan masuk dalam program apa nantinya.

Tahun lalu, pemerintah memberikan Stimukus kepad UMKM berupa bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta. Sedangkan pada tahun ini, pemerintah hanya akan meberikan BLT UMKM Rp 1,2 juta per UMKM dengan kuota 12,8 juta UMKM

Selain stimulus untuk UMKM, Luhut juga menyebutkan, pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp 2 triliun untuk sektor pariwisata pada Juni hingga Juli tahun ini. Stimulus ini untuk membantu program bangga berwisata di Indonesia.

“Dan juga Juni-Juli, akan diluncurkan Rp 2 triliun untuk (program) Bangga Wisata Indonesia. Saya pikir langkah-langkah pemerintah yang betul-betul sangat pro aktif untuk membangun ekonomi kita lebih kuat,” tuturnya.

Luhut juga menginformasikan bahwa pemerintah berhasil menghemat sekitar US$ 17 miliar dari alokasi anggaran belanja modal dan belanja barang yang mencapai Rp 1.300 triliun. Anggaran yang berhasil dihemat ini akan dimanfaatkan untuk mengembangkan UMKM nasional.

“Untuk produk-produk di dalam negeri, itu termasuk teknologi termasuk barang-barang seperti kita lakukan sekarang dan itu peran UMKM,” sebutnya. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here