Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (tengah) saat memantau simulasi makan siang gratis di SDN Klampisan, Surabaya. Bongkah.id/Addy/
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (tengah) saat memantau simulasi makan siang gratis di SDN Klampisan, Surabaya. Bongkah.id/Addy/

Bongkah.id – Standard operating procedure (SOP) uji coba makan siang bergizi gratis di Surabaya, menjadi salah satu yang terbaik.

“Kita kemarin mengevaluasi yang sudah berjalan di Sentul dan Surakarta. Jadi hari ini banyak sekali yang kita evaluasi dan di Surabaya ini salah satu yang terbaik karena SOP-nya sudah berjalan,” kata Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka di SD Negeri Klampis Ngasem III Surabaya, Kamis (1/8/2024).

ads

Namun, masih ada persoalan terkait sampah plastik berupa penggunaan boks berbahan dasar plastik.

Gibran menjelaskan sudah dipikirkan solusinya oleh Walikota Surabaya, agar sampah plastik bekas tempat makanan tersebut tidak mencemari lingkungan.

“Bapak Walikota Surabaya sudah menemukan solusinya, jadi nanti kedepan apa yang sudah kita jalankan di Surabaya, nanti mungkin akan kita terapkan di kota-kota lain juga,” paparnya.

Makanan bergizi yang dibagikan tersebut berisikan nasi putih, ayam, bakso daging, buncis. Ada juga buah-buahannya, seperti potongan melon dan susu kemasan susu UHT.

“Jadi komposisinya yang ideal memang seperti itu, sekali lagi, UMKM-nya dapat mudah-muridnya dapat, ojolnya juga, jadi benar-benar multiplier effect-nya luar biasa,” ujar Gibran.

Kebahagiaan pun terlihat dari wajah para siswa-siswi tersebut. Dengan lahap mereka menghabiskan paket makanan bergizi yang dibagikan oleh mantan Walikota Solo tersebut.

Salah satunya siswi SDN Klampis Ngasem III Surabaya bernama Misela Olivia, mengaku senang dan bahagia bisa mendapat paket makanan bergizi gratis.

“Kalau dari rumah ngga pernah bawa bekal, senang sekali dong bisa dapat makanan gratis,” ujarnya.

Siswi kelas 2 SD ini juga berharap jika program makanan bergizi gratis ini bisa dilanjutkan ke depannya, saat Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Enak banget menu-menunya, semoga bisa lanjut setiap hari mas,” tuturnya.

Seperti diketahui, program makanan bergizi gratis tersebut adalah salah satu program unggulan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Untuk anggaran dari pelaksanaan program tersebut yang disepakati dalam R-APBN 2025 adalah sebesar Rp71 triliun. (addy/rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini