Aji Wahyu Santoso (24) saat membuat kerajinan miniatur sepeda di rumahnya, Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Selasa (29/8/2023).

Bongkah.id – Kreatifitas tanpa batas telah membuat Aji Wahyu Santoso (24) warga Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menghasilkan pundi uang. Dia mampu menyulap limbah bekas peralatan rumah tangga menjadi kerajinan miniatur sepeda keren bernilai jual tinggi hingga menembus pasar mancanegara.

Deretan miniatur sepeda tertata rapi di rumah Aji yang sederhana di Desa Sudimoro Kecamatan Megaluh. Ada jenis sepeda lipat, sepeda MTB, sepeda listrik hingga jenis paling langka merk Brompton.

ads

Namun siapa sangka jika miniatur itu rupanya dibuat dari bahan bahan bekas rumah tangga. Seperti pvc bekas, spon sandal, tembaga dari kabel sampai kartu perdana bekas yang tak terpakai. Ya itulah gambaran kreativitas pria asal Megaluh yang membuat aneka kerajinan otomotif dari bahan limbah.

”Saya mulai pembuatan miniatur sepeda ini sejak 2016. Awalnya terinspirasi dari memanfaatkan limbah bekas rumah tangga yang tidak terpakai untuk menjadi kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi,’’ kata Aji, Selasa (29/8/2023).

Bahan bahan limbah yang dimaksud misalnya PVC bekas, spons sandal maupun bahan bahan lain. “Ada banyak jenisnya. Terutama bahan yang yang elastis untuk komponen sepeda,’’ tambahnya.

Usaha Aji membuat kerajinan miniatur sepeda tak semudah yang dibayangkan. Awalnya, ia sempat kesulitan memasarkan kerajinannya karena keterbasan modal. ”Saya dulu awalnya saya pasarkan di car free day (CFD) dengan media sosial. Tapi alhamdulillah tujuh tahun saya tekuni sekarang sudah mulai paham pasarannya,’’ jelas dia.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini