Penyanyi Ari Lasso yang menggagas konser musik yang akan digelar di wanawisata Ngopibareng Pintu Langit, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, 12 September 2020.

Bongkah.id – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan keinginan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk tetap menggelar konser Ari Lasso pada 12 September 2020. Padahal, kegiatan yang berpotensi mendatangkan kerumumunan orang, terlebih konser musik, rawan membuka jalan penularan masif virus corona.

Satgas Penanganan COVID-19 mengingatkan Khofifah dan pengelola wanawisata Ngopibareng Pintu Langit di Desa Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jatim, selaku penyelenggara konser mencermati protokol kesehatan. Sebab, acara itu akan mendatangkan ratusan hingga ribuan massa yang berpotensi berdesak-desakan.

“Sekarang ini masih pandemi, berbagai aktivitas yang bisa dicegah terutama berpotensi kerumunan sebaiknya dihindari. Di dalam aktivitas sosial dan ekonomi yang melibatkan banyak orang, sekalipun terbuka yang memiliki ventilasi udara, tak masalah. Tapi potensi kerumunan tinggi,” kata juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2020).

Wiku agak menyesalkan rencana konser musik di wanawisata Ngopibareng Pintu Langit sekaligus meragukan pihak penyelenggara bisa menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini mengingat masih banyak masyarakat yang abai dengan aturan pencegahan virus corona tersebut.

Salah satunya kesadaran menggunakan masker yang masih minim di tengah kerumunan. Meski memakai masker sekalipun, resiko penularan virus corona tetap tinggi jika tidak dibarengi dengan kedisiplinan protokol kesehatan lainnya.

“Mari berusaha menjaga penularan betul-betul ditekan rendah agar aktivitas yang esensial untuk kepentingan masyarakat bisa dijalankan dengan baik,” lanjutnya.

Konser bertajuk Era Normal Baru itu digagas penyanyi Ari Lasso dan pengelola Ngopibareng Pintu Langit. Acara musik ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan akan dimeriahkan oleh sejumlah musisi nasional seperti Maia Estianti serta Luna Maya yang akan bertindak sebagai host.

“Ini uji coba pertama di Indonesia dan kebetulan Jatim dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan,” ujar Khofifah usai bertemu dengan Gus Ipul di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin (24/8/2020) malam. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here