Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bertemu dengan mantan WAgub Jatim sekaligus pemilik wanawisata Ngopibareng Pintu Langit di Pasuruan yang akan menjadi tempat gelaran konser musik, 12 September 2020 nanti.

Bongkah.id – Di tengah pandemi Covid-19 yang masih mengancam nyawa, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) malah berencana menggelar konser d Panggung musik bertajuk Era Normal Baru itu tentu bakal melibatkan ribuan penonton.

Rencananya, konser digelar pada 12 September 2020. Sejumlah musisi papan atas akan ikut memeriahkan acara ini antara lain mendatangkan artis papan atas seperti Ari Lasso, Via Vallent dan Luna Maya yang akan bertindak sebagai host.

Khofifah menyebutkan, konser ini digelar untuk menggeliatkan industri seni dan kreatif di masa pandemi. Ia menyebut, acara ini atas persetujuan pemerintah pusat.

“Ini uji coba pertama di Indonesia dan kebetulan Jatim dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan. Lokasinya, konsep panggung terbuka di area wisata Pintu Langit di Desa Ledug, Kabupaten Pasuruan, milik Gus Ipul,” jelas Khofifah, Rabu (26/8/2020).

Mantan Menteri Sosial ini menjamin keamanan gelaran konser dari anaman penularan virus corona. Pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan ketat dan membatasi jumlah penonton.

“Penjualan tiketnya secara daring, kapasitas hanya 1.200 orang sampai 1.300 orang dari kapasitas normalnya yang mencapai 13 ribu orang, dan digelar sore hari di alam terbuka. Penonton wajib bermasker dan menjaga jarak,” tuturnya.

Khofifah menambahkan, penjualan tiket konser juga dilakukan secara daring. Sebelum konser digelar, Khofifah meminta Gus Ipul segera berkoordinasi dengan Kapolda Jatim terkait pengamanan serta jumlah personil, termasuk keterlibatan TNI.

Saifullah Yusuf selaku tuan rumah konser mengatakan pengunjung yang tak punya tiket dilarang masuk. Namun pihaknya menyediakan channel untuk menyaksikan konser bagi penggemar Ari Lasso secara daring.

“Kami sudah siapkan channel YouTube yang bisa disaksikan langsung dan dari mana saja. Yang jelas, penonton di lokasi nantinya dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat,” ucap mantan Wagub Jatim periode 2009-2019.

Menurut Gus Ipul, konser yang dihelat di tempat wisata ini juga menjadi ajang promosi dan menstimulus pengembangan sektor pariwisata di Jatim saat era normal baru.

Manajer Ngopibareng Pintu Langit, Farid Irmawan, mengaku ketika rencana menggelar konser masih dalam gagasan, pihaknya sudah menghadap ke Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan izin kegiatan. Setelah disetujui, ia baru mematangkan rencana tersebut dengan mantan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul,selaku pemilik Ngopibareng Pintu Langit hingga mendapat dukungan dari Gubernur Jatim.

“Kebetulan gagasannya Ari Lasso ingin mengadakan konser berkonsep new normal di tempat ini. Ide itu juga dilakukan diskusi yang sangat panjang, Mas Ari sudah menghadap ke Presiden dan Kapolri dan memantapkan itu semua. Gus Ipul juga dengan pertimbangan yang matang, koordinasi, diskusi dengan pihak terkait, memastikan timnya dan lainnya,” ungkapnya. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here