Bongkah.id – Empat desa di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menerima hibah barang dan aset untuk sistem penyedian air minum dan sanitasi (SPAMS) yang sehat. Bantuan itu diberikan Pemerintah Kabupaten Mojokerto yang nilainya mencapai ratusan miliar rupiah.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan secara simbolis hibah barang dan aset kepada desa pengelola SPAMS. Dalam kesempatan itu, dia meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga saluran air minum ini untuk kebutuhan warga setempat.

ads

“Mudah-mudahan airnya yang sudah dibangun betul betul bermanfaat untuk anda semua. Minta tolong dipelihara dengan baik,” ucapnya, saat berdialog dengan warga Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Sabtu (24/12/2022) pagi.

Adapun desa penerima hibah adalah Desa Manduro Manggunggajah di Kecamatan Ngoro yang mendapat bantuan dengan nilai terbesar yakni Rp.707.240.640. Aset tersebut berupa bangunan tandon, pengadaan pompa dorong, pembangunan jaringan pipa distribusi dan sambungan rumah 265 buah,.

Tiga desa lain yang menerima hibah yakni Randubango dan Sumbertanggul di Kecamatan Mojosari. Desa pertama memperoleh aset sanitasi senilai Rp 344.144.800 berupa gedung Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), alat pemilah dan penghancur sampah.

Adapun Desa Sumbertanggul menerima aset SPAM berupa pembangunan tandon, pembangunan jaringan pipa distribusi dan sambungan rumah 200 buah yang senilai Rp.548.698.400. Terakhir, Desa Mojokarang di Kecamatan Dlanggu memperoleh aset Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD) berupa 55 buah penyediaan sarana prasarana  (bangunan bilik, bio septic, resapan) senilai Rp 449.089.760.

Penyerahan hibah barang oleh Bupati Ikfina ini tak berlangsung lama. Setelah menyerahkan hibah secara simbolis, Ikfina melanjutkan dengan mengecek saluran air dan sanitasi di masing-masing desa penerima. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini