PJ Bupati Jombang Sugiat memimpin msidak pangan di minimarket dan supermarket, Jumat (22/12/2023).

Bongkah.id – Satgas Pangan Pemerintah Kabupaten Jombang melakukan monitoring dan evaluasi jelang perayaan natal dan tahun baru, Jumat (22/12/2023). Kegiatan menyasar sejumlah minimarket dan supermarket.

Pj Bupati Jombang Sugiat memimpin monitoring dan evaluasi stok serta harga pangan dengan didampingi Sekdakab Agus Purnomo dan jajaran kepala OPD. Lokasi pertama yang dikunjungi Satgas Pangan adalah Indomaret di Jalan Bupati R Soedirman, kemudian berlanjut ke Alfamart di Desa Tunggorono dan supermarket Linggajati di Jalan KH Wahid Hasyim.

ads

”Kita lihat pertama ketersediannya, kemudian keamanannya khususnya terkait masa kadaluarsanya,’’ ujar Pj Bupati Jombang Sugiat, Jumat (22/12/2023).

Dari pemantauan di minimarket dan supermarket, Satgas Pangan menemukan sejumlah produk rusak hingga mendekati kadaluarsa yang dipajang di etalase. Sugiat mengatakan, ada produk yang izin edarnya telah mendekati masa habis.

“Terdapat produk susu yang masa kadalursanya mepet dan ada juga yang kemasannya penyok,” tandas Sugiat.

Atas temuan itu, pihaknya kemudian memberikan sanski administratif berupa teguran lisan. Pemkab juga meminta pihak penjual untuk menarik produk – produk tersebut dan mengganti dengan produk baru.

”Nanti kalau masih melakukan pelanggaran kita tindak,’’ tambah Sugiat.

Pj bupati mengimbau agar masyarakat lebih jeli dalam memilih produk yang akan dibeli. Misalnya dengan melihat dulu tanggal kadaluarsa produk. ”Jangan tergiur promo besar, apalagi momen akhir tahun ini banyak promo besar,’’ jelas dia.

Pihaknya juga mengimbau pihak penyedia pangan, untuk tidak memanfaatkan momen natal tahun baru dengan menjual produk yang kurang laik kepada masyarakat.

”Sesuai prosedurnya, Misalnya seperti susu kemasan itu harus ditarik sejak 1 bulan sebelum mencapai masa kadaluarsa,’’ pungkas Sugiat. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini