Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman..

Bongkah.id – Kabar gembira bagi para perantau di Jawa Timur. Pemerintah Provinsi Jawa Timur akhirnya kembali melaksanakan program mudik gratis 2022. Simak persyaratannya berikut ini:

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, program mudik bareng gratis tahun ini akan dimulai pada 28 April 2022. Masyarakat di kota besar yang berniat pulang ke kampung halaman melalui program ini bisa segera mendaftar mulai 21-24 April 2022.

ads

“Program ini kembali dihadirkan seiring dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang memperbolehkan kegiatan mudik lebaran. Monggo masyarakat Jatim yang ingin memanfaatkan program ini bisa mendaftar mulai besok,” kata Khofifah, Rabu (20/4/2022).

Pendaftaran bisa dilakukan lewat dua cara.  Pertama mendaftar secara daring melalui mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Syaratnya, melampirkan berkas berupa fotokopi KTP dan KK.

“Serta diwajibkan mengikuti vaksinasi booster,” tutur Khofifah.

Cara kedua, calon pemudik bisa langsung mendatangi Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim di Jalan Ahmad Yani Nomor 268 Surabaya mulai 22-27 April 2022. Pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

“Pendaftaran tersebut dilakukan sampai tiket habis,” kata dia.

Setelah mendaftar, pendaftar tinggal menunggu proses verifikasi berkasnya. Nanti, Dinas Perhubungan Jatim akan mengumumkan, baik secara terbuka maupun memberitahukan secara langsung kepada peserta yang memenuhi syarat ikut program mudik gratis

Adapun rute perjalanan mudik gratis yang disediakan Pemprov Jatim adalah dari Surabaya ke 15 kabupaten/kota. Antara lain, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Magetan, Surabaya-Madiun, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Ponorogo, Surabaya Pacitan dan Surabaya-Jember.

Lalu, Surabaya-Jember-Banyuwangi, Surabaya-Situbondo-Banyuwangi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Malang-Blitar, dan terakhir Surabaya-Nganjuk.

“Untuk seluruh rute, keberangkatan akan dilakukan dari depan kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur,” jelas Khofifah.

Gubernur mengungkapkan untuk yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap, telah disediakan booster di sejumlah titik. Dia berharap, program ini tersebut bisa membantu proses mudik tahun ini terkendali.

“Kami sediakan di Kantor Pemprov Jatim dan juga Masjid Al-Akbar. Selain itu, masyarakat juga bisa segera mendatangi fasyankes terdekat,” sebutnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini