Pedagang bahan bumbu dapur di Pasar PCN Jombang, Ika saat menunjukkan cabai di lapaknya, Senin (18/12/2023).

Bongkah.id – Harga sejumlah bahan bumbu dapur di pasar tradisional Citra Niaga (PCN) Jombang mengalami kenaikan menjelang Natal dan tahun Baru (Nataru) 2024. Antara lain cabai dan bawang yang melonjak hingga Rp 20-30 ribu per kilogram.

Menurut pedagang, kenaikan harga tersebut terjadi pada berbagai jenis cabai dan bawang. Antara lain dari cabai merah baik keriting merah maupun rawit merah serta bawang merah dan bawang putih. Adapun kenaikan berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu untuk setiap kilogramnya.

ads

Salah satu pedagang di Pasar PCN Jombang, Ika (36) menyebutkan, kenaikan harga cabai sendiri terjadi sejak dua hari lalu. Menurut dia, harga tertinggi cabai merah saat ini yakni Rp 90 ribu per kilogram.

“Harga keriting merah dah rawit merah sama-sama Rp 90 ribu per kilogram. Harga dua hari lalu masih Rp 60 ribu per kilogram,” kata Ika, Senin (18/12/2023).

Sementara itu untuk harga bawang merah, menurut Ika saat ini tembus Rp 35 ribu per kilogram. Sedangkan sekitar tiga hari lalu harga bawang merah masih di kisaran Rp 25 ribu per kilogram.

“Tidak ada harga bumbu yang stabil, harga bawang putih sudah beberapa minggu ini juga terus mengalami kenaikan, saat ini harga bawang putih tembus Rp 35 ribu per kilogram, dari harga sebelumnya 28 ribu perkilogram,” ujar Ika.

Pembeli bahan dapur di pasar PCN tersebut,  Ahsanu (28) menyebutkan, setelah sempat mengalami penurunan harga beberapa waktu lalu, harga cabai kini kembali melonjak. Dia menyebut, hal ini membuatnya lebih mengurangi porsi pembelanjaan bahan bumbu dapur akibat dari kenaikan harga yang sangat signifikan.

“Harga cabai naik, bawang merah, bawang putih semua naik, hal ini membuat saya mengurangi porsi pembelian biasanya sekali beli yaitu 1 kg karena naik jadi saya pangkas menjadi setengah kilogram karena masih ada kebutuhan bumbu dapur yang lainnya yang harus dibeli,” pungkas Ahsanu. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini