Pondasi tangga dan struktur bangunan pagar dari batu bata kuno yang ditemukan tim ekskavasi di Situs Watu Kucur, Dusun Penanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Jawa Timur, Selasa (17/10/2023).

Bongkah.id – Pada hari keenam, tim ekskavasi Situs Watu Kucur, Jombang, menemukan tapak tangga, struktur bata yang diduga pagar hingga pecahan lepas berupa geting dan gerabah di sekitar lokasi. Penggalian tahap II ini menyasar penggalian di sisi barat, selatan, utara dan timur situs.

Situs Watu Kucur terletak di Dusun Penanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Jawa Timur. Ekskavasi tahap II di lokasi candi dilaksanakan tim dari Balai Pelestarian Budaya Wilayah XI Jatim dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

ads

”Hari keenam ini kami masih fokus mencari potensi arkeologis di sekitar candi. Beberapa temuan di antaranya, struktur yang kami duga adalah sebagai tapak tangga, tapi hanya berupa pondasi yang mengarah ke arah barat,’’ ujar Arkeolog BPK Jatim, Nurmala, di lokasi, Selasa (17/10/2023).

Tapak tangga berbentuk persegi dengan ukuran 292 cm barat ke timur dan 350 cm utara tersebut masih dilakukan penggalian untuk mengetahui dengan jelas struktur yang ditemukan. Sedagkan anak tangga dari struktur tersebut belum ditemukan.

Selain tapak tangga, pihaknya juga menemukan sebuah bangunan struktur bata yang diduga adalah pagar situs.  Namun hal itu masih hipotesa.

“Saat ini terus kami lakukan upaya penggalian di sisi utara untuk mengetahui apakah ada struktur serupa,’’ jelas Nurmala.

Baca: Ekskavasi Tahap II Situs Watu Kucur Jombang Ungkap Struktur Batu Bata Kuno

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini