Struktur batu bata kuno di situs Watu Kucur, Desa Dukuhdimoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (17/10/2023).

Bongkah.id – Balai Pelestarian Budaya Wilayah XI Jawa Timur melanjutkan ekskavasi Situs Watu Kucur di Dusun Penanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Selasa (17/10/2023). Dalam penggalian tahap II itu, batu bata berukuran besar kuno yang diduga struktur bangunan mulai terlihat di sekitar lokasi.

Situs Watu Kucur, awalnya pernah dilakukan ekskavasi BPK Jatim yang dulu bernama BPCB pada Oktober 2021. Kemudian, karena dinilai masih banyak potensi yang belum terungkap, akhirnya Dinas P dan K bersama BPK Jatim sepakat melanjutkan ekskavasi tahap kedua.

ads

Arkeolog BPK Jatim, Nurmala menjelaskan, ekskavasi  di Situs Watu Kucur ini akan dilakukan selama 10 hari mulai 11 – 20 Oktober mendatang. ”Dalam ekskavasi kali ini kami ingin menampakkan data arkeologis yang masih terpendam di dalam dan di sekitar area struktur utama yang telah ditampakkan pada ekskavasi sebelumnya,’’ ujar Nurmala, Selasa (17/10/2023).

Nurmala menambahkan, selain untuk menyingkap potensi temuan arkeologis, pihaknya juga ingin menata area situs agar dapat lebih tertata untuk kepentingan edukasi. ”Selain itu juga menata lingkungan situs,” terangnya.

Dia mengatakan telah menemukan beberapa benda arkeologis. Diantaranya,  berupa struktur bata berjumlah dua lapis yang berada disisi barat dengan dimensi panjang 150 cm.

”Selain itu, juga ditemukan struktur dua lapis dengan kondisi rusak akibat kondisi tanah telah teraduk dan adanya akar pohon yg tumbuh disela-sela struktur,” terangnya.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini