TNI AL mengirimkan KRI dr. Soeharso ke Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) siang. Kapal rumah sakit itu tidak hanya membawa bantuan makanan saja. Namun juga tenaga medis dan obat-obatan. Nantinya KRI ini akan dimanfaatkan pula sebagai tempat perawatan masyarakat yang menjadi korban gempa bumi tersebut.

bongkah.id – Kapal Rumah Sakit Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso-990 yang dikomandani Letnan Kolonel Laut (P) Agus Joko Sulistyo berangkat ke lokasi gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat. Selain memembawa bantuan makanan, obat-obatan dan tenaga medis.

“Proses embarkasi telah dilakukan sejak Jumat siang 15 Januari kemarin. Bantuan yang dibawa KRI dr Soeharso dikumpulkan dari berbagai satuan di Koarmada II. Demikian pula bantuan dari luar,” kata Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda (Laksda) TNI I N.G. Sudihartawan dalam keterangan resminya, Sabtu (16/1/2021).

ads

Menurut dia, bantuan yang dibawa KRI dr Soeharso di antaranya dikumpulkan dari Pangkoarmada ll, Dinas Pembinaan Potensi Marinir (Dispotmar), Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada II, Depo Pusat Perbekalan Wilayah Timur (Dopusbektim) dan Staf Potensi Maritim (Spotmar).

Selain itu, Dinas Pemeliharaan Kapal (Disharkap), Dinas Material (Dismat), Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut (Dispsial), Dinas Material dan Perbekalan (Dismatbek), PT Lautan Berlian Nusantara, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Alumni Akabri Laut (Moro Cakra) dan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya.

Dikatakan, sejumlah personel dari berbagai kesatuan turut serta di dalam KRI dr Soeharso yang berangkat menuju Mamuju. Rinciannya 4 personel penyelam, 7 personel Dinas Komunikasi dan Elektronika (Diskomlek), 17 personel tasiran Dikcabareg, 10 personel penerbang Helly, 12 personel kesehatan, 2 personel Dinas Psikologi, 4 personel Dispotmar.

Diharapkan, pengiriman bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat Mamuju yang dilanda musibah gempa bumi berkekuatan 6.2 magnitudo pada Jumat (15/1/2021) dini hari lalu. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini