Pekerja mengemasi piala di Kabupaten Jombang. Bongkah.id/Karimatul Maslahah/
Pekerja mengemasi piala di Kabupaten Jombang. Bongkah.id/Karimatul Maslahah/

Bongkah.id – Peringatan hari kemerdekaan biasanya dirayakan dengan berbagai perlombaan, oleh karena itu menjadi berkah tersendiri bagi perajin piala di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kerajinan piala milik Wahyu Candra warga Kelurahan Kaliwungu, Kabupaten Jombang ini dimulai sejak 1998, ia kebanjiran pesanan saat bulan kemerdekaan.

ads

Bahkan, peningkatan produksi hingga mencapai dua kali lipat dari bulan-bulan biasanya yang hanya terjual 2000 biji piala.

“Usaha ini bergerak di bidang piala atau pembuatan piala. Kalau pesanan menjelang agustusan ini kita meningkat dua kali lipat dari pemesanan hari-hari biasanya,” ujar Wahyu Candra. Rabu (14/8/2024).

Piala milik Wahyu, sapaan akrabnya, terbuat dari bahan dasar beragam, menyesuaikan dengan permintaan pelanggan. Mulai dari fiber glass, akrilik hingga logam.

Berbagai jenis piala tema kemerdekaan yang banyak dipesan saat ini, mulai dari corak besar dan tinggi hingga piala lomba dari tingkat Desa hingga tingkat kabupaten, kota.

“Kalau untuk jenis pialanya biasanya yang fiber glass di harga Rp 40 ribu itu yang paling laku karena murah dan banyak peminatnya,” kata dia.

Wahyu membandrol piala mulai dari harga Rp 10 ribu hingga Rp 1 juta, hal itu tergantung dari bahan dasar dan ukuran piala.

“Kalau harga piala paling rendah Rp 10 ribu rupiah hingga Rp 1 juta lebih paling tinggi. Omzet bulan Agustus saat ini bisa Rp 3 juta hingga Rp 5 juta setiap harinya,” pungkasnya. (ima/rf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini