Ketua Umum PKB sekagus Bacawapres menyebutkan perbedaan pandangannya dengan pasangannya Anies Baswedan dalam forum silaturahmi dengan para Kiai dan Bu Nyai se Jawa Timur bagian barat di pondok pesantren Al Aqobah 4, Tebuireng, Jombang, Minggu (10/9/2023).

Bongkah.id – Bakal calon wakil preisden (Bacawapres) Muhaimin Iskandar tak segan mengakui adanya perbedaan antaranya dirinya dengan bacapres Anies Baswedan. Meski begitu, dia mengklaim ketidakcocokan itu bisa dikelola menjadi perpaduan yang harmonis berdasar hubungan persaudaraan sesuai ajaran Islam.

Dalam duetnya dengan Anies Baswedan di Pemilihan Presiden 2024, Muhaimin Iskandar mengusung tiga pilar Ukhuwah yakni, Islamiyyah, Wathoniyah dan Basyariah. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyebut, ketiga prinsip ini telah menjadi pedoman, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dalam upaya membangun hubungan sosial kemanusiaan dalam berbangsa dan bernegara.

ads

“Kita harus akhiri perbedaan yang ada, tidak ada cebong, tidak ada kampret, tidak ada kanan dan kiri, semua Indonesia, semuanya di rangkum dalam 3 ukhuwah menurut para ulama,” kata Muhaimin.

Hal tersebut disampaikan politisi yang akrab disapa Cak Imin forum silaturahmi dengan para Kiai dan Bu Nyai se Jawa Timur bagian barat di pondok pesantren Al Aqobah 4, Tebuireng, Jombang, Minggu (10/9/2023). Dia menegaskan, prinsip Ukhuwah islamiah, wathoniyah, Basyariah itu diartikan sebagai perdamaian dalam perbedaan yang digambarkan pada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

“Jangan saling menghancurkan, jangan saling melukai apalagi merusak nama baik,” jelas mantan Menakertrans itu.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini