Petugas kepolisian mengawasi stok dan distribusi oksigen tabung di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Bongkah.id – Kepolisian Daerah Jawa Timur membuka layanan pengaduan masyarakat terkait kelangkaan oksigen di tengah meroketnya kasus COVID-19. Layanan siap mendalami laporan terjadinya spekulasi harga obat-obatan atau alat kesehatan jika mencapai di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mempersilahkan masyarakat melapor ke nomor telepon yang telah disediakan jika menemui dua permasalahan tadi. Untuk pengaduan tentang kelangkaan gas oksigen, pengaduan bisa dilayangkan melalui nomor telepon 082232781177 (Subdit Tipidter).

“Jangan sampai pengaduan masyarakat yang disampaikan bersifat bohong,” ujarnya di Surabaya, Kamis (8/7/2021).

Adapun untuk pelaporan terkait lonjakan harga obat-obatan dan alkes bisa dilayangkan ke nomor 081333339025 (Subdit Indagsi). Selain itu, Polda Jatim juga menyediakan layanan pengaduan apabila masyarakat menemukan adanya informasi bohong atau hoaks di nomor 08119971996 (Subdit Siber).

Gatot mengingatkan, pengaduan masyarakat yang disampaikan harus benar-benar akurat dan disertai bukti data yang konkret. β€œIni untuk mengantisipasi adanya laporan palsu,” ujar Gatot.

Kelangkaan oksigen tabung berbagai ukuran terjadi di sebagain besar daerah di Jatim. Masalah ini tentu menyengsarakan banyak masyarakat yang sedang sakit membutuhkan bantuan pernafasan dari oksigen, khususnya pasien COVID-19.

Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Timur, dr. Dodo Anondo memastikan, pasokan oksigen untuk rumah sakit di Jawa Timur dalam keadaan aman untuk beberapa waktu ke depan. Pasokan oksigen diakuinya juga cukup untuk kebutuhan rumah sakit darurat lapangan di Jawa Timur.

Dodo mengaku baru saja menggelar rapat koordinasi dengan aparat kepolisian, dan perusahaan pemasok gas oksigen terkait ketersediaan pasokan. “Insya Allah untuk pasokan oksigen untuk rumah sakit rujukan Covid-19 di Jatim aman, langsung dikawal polisi,” ujar Dodo.

Dodo juga memastikan, perusahaan pemasok oksigen telah menjamin pasokan oksigen untuk rumah sakit, termasuk RS darurat lapangan yang ada di sejumlah daerah di Jawa Timur. Jaminan tersebut sekaligus memberikan ketenangan bagi rumah sakit, terkait pasokan oksigen. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here