PJ Bupati Jombang Sugiat memberikan arahan kepada anggota Satlinmas di gedung serbaguna, Balai Desa Sengon Jombang, Rabu (6/12/2023).

Bongkah.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jombang menggelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam rangka menjaga situasi kondusif menjelang Pemilu 2024. Satlinmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat.

Pj Bupati Jombang Sugiat mengatakan, salah satu tugas pokok dan fungsi linmas harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah Kabupaten Jombang.

ads

Sugiat menjelaskan, dalam Pemilu 2024 nantinya, tugas satlinmas adalah menjaga ketenteraman dan ketertiban masyarakat, keamanan tempat pemungutan suara (TPS). Petugas juga harus membantu aparat penyelenggara dalam mengamankan logistik pemilu.

“Saya juga menghimbau kepada segenap komponen untuk bersama-sama menjalin kerjasama agar ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dapat memecah belah bangsa ini teratasi. Serta merubah paradigma dan meninggalkan pola pikir dari dilayani ke melayani,” kata Sugiat, Rabu (6/12/2023).

Selain itu, imbuh Sugiat, Satlinmas harus selalu peka terhadap segala bentuk perubahan-perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Sehingga dapat melakukan langkah-langkah antisipatif untuk menghindari dampak yang lebih besar

“Saya berpesan kepada Satlinmas untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat atas segala ancaman, gangguan, halangan, tantangan terkait ketertiban umum dan ketentraman yang terjadi di tengah masyarakat,” ujar dia.

Terpisah, Thonsom Pranggono Kepala Satpol PP Kabupaten Jombang kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas Satlinmas di Kabupaten Jombang ini guna mendukung pengamanan pelaksanaan pemilu dan pemilukada 2024.

“Sosialisasi akan berlangsung selama dua hari, mulai 6 Desember hingga 7 Desember 2023 dan diikuti oleh para Komandan Pleton Satlinmas dari masing masing Desa dan satu anggota yakni dari 302 Desa dan 4 Kelurahan.

“Melalui kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Satlinmas jelang Pemilu, Pilpres, Pemilukada 2024 kami ingin mengetahui kesiapan Satlinmas dalam menghadapi segala ancaman, gangguan, halangan, tantangan terkait ketertiban umum dan ketentraman yang terjadi di tengah masyarakat menghadapi hajat nasional”, pungkas Thonsom Pranggono. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini