Para pemain tim Sepak Bola Jawa Timur merayakan gol kemenangan atas Sumatera Utara pada laga penutup Grup B PON XX Papua di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Senin (4/10/2021).

Bongkah.id – Tim Sepak Bola Jawa Timur melibas Sumatera Utara 2-0 pertandingan terakhir Grup B Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Kemenangan itu membuat anak asuh Rudy Keltjes lolos ke babak enam besar dengan raihan poin sempurna.

Kendati berhasil menyapus bersih pertandingan pada fase penyisihan grup, Pelatih Rudy Keltjes meminta skuadnya tidak keburu jemawa. Sebab, sejatinya Tim Sepakbola Jatim belum meraih apa-apa dalam ajang olahraga paling akbar di tanah air ini.

“Saya harus menjaga anak-anak supaya jangan sampai lupa diri. Itu yang berat,” kata Rudy ditemui selepas laga penutup penyisihan Grup B di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Senin (4/10/2021).

Hanya saja, Rudy meyakini para pemainnya sudah cukup dewasa dan menyadari bahwa kehadiran mereka di Papua mengemban tugas untuk menjaga nama baik Jatim. Hal itu pula yang mendasari keyakinan Rudy bahwa di dalam timnya tidak ada istilah pemain utama maupun pemain cadangan.

“Kalau teknis bisa saya latih, sementara nonteknis itu mungkin luput. Umpamanya di malam hari dia banyak menghabiskan waktu bermain, siapa yang bisa menjaga jam tidur dia,” tambahnya.

Pada laga menghadapi Sumut, Senin (4/10/2021), Rudy melakukan rotasi besar-besaran dengan enam perubahan dalam susunan pemain Jatim dibandingkan pertandingan sebelumnya. Meski demikian, rotasi itu tak mengurangi daya gedor Jatim yang menang berkat gol-gol sumbangan Rezky Renaldy El Has serta Muhamad Faisol Yunus.

“Semuanya sama, tidak ada cadangan, tidak ada pemain utama. Kalau diberi kesempatan bermain, harus bisa menjaga nama baik Jatim. Harus bisa bertanggung jawab. Kalau tidak, pasti tidak akan saya pasang,” ujar Rudy.

Di sisi lain, Rudy mengaku sudah melakukan persiapan rinci sebelum berangkat ke Papua dengan menggelar sesi latihan pada tengah hari guna mengantisipasi cuaca terik sebagaimana terjadi dalam tiap pertandingan Jatim di Grup B.

Pada babak enam besar, Tim Jatim akan menghadapi Jawa Barat selaku runner-up Grup A. Rezky Renaldy  dan kawan-kawan baru baru bertanding pada 8 Oktober 2021 atau selang dua hari sejak dimulainya babak enam besar pada Rabu (6/10/2021).

Sementara Tim Sumut tetap lolos meski dikalahkan di laga terakhir karena terbantu hasil pertandingan lain di Grup B. Sulawesi Selatan berhasil mengatasi Jawa Tengah dengan skor 2-1 di Stadion Mandala pada waktu bersamaan.

Demikian pula hasil yang diperoleh Kalimantan Timur. Meski keok dari Aceh, tim asuhan Fachry Husaini berhak lolos ke babak enam besar sebagai runner-up Grup C.

Dua tim lain yang memastikan berlaga di babak empat besar adalah Papua selaku jawara grup A dan Aceh sebagai pemuncak klasemen grup C. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here