Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Foto: REUTERS/Kevin Lamarque

Bongkah.id – Amerika Serikat akan memutuskan hubungan dengan Oraganisasi Kesehatan Dunia, WHO. Langkah itu dipicu sakit hati Presiden AS Donald Trump terhadap WHO setelah dituding menerima dana segar dari China sebesar Rp 2 miliar USD untuk penanganan pandemi Covid-19.

Trump menuding China berencana mengendalikan WHO dengan suntikan dana 2 miliar USD. Presiden China Xi Jinping pekan lalu menyatakan akan memberikan dana yang setara dengan total anggaran program tahunan WHO tahun lalu selama dua tahun ke depan.

“Tiongkok memiliki kendali penuh atas WHO meskipun hanya membayar 40 juta USD per tahun dibandingkan apa yang telah dibayarkan AS sebesar 450 juta USD. Sekarang akan memberikan dana 2 miliar USD,” ujar Trump dikutip dari Reuters, Jumat (29/5/2020) waktu setempat.

Trump menuding para pejabat China mengabaikan kewajiban mereka untuk memberikan laporan secara utuh kepada WHO terkait virus corona. Dalam kasus corona, Trump juga menuding China telah menekan organisasi yang berpusat di Jenewa itu untuk memberikan informasi dan arahan yang menyesatkan.

Pernyataan Trump untuk menceraikan WHO muncul di tengah meningkatnya ketegangan hubungan antara Washington dan Beijing terkait wabah corona. Virus ini pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok pada akhir tahun lalu.

Sebelum pernyataan ini, AS telah menghentikan pendanaan untuk organisasi beranggotakan 194 orang itu, bulan lalu. Kemudian dalam suratnya tanggal 18 Mei memberi WHO 30 hari untuk berkomitmen melakukan reformasi.

“Karena mereka telah gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan, kami hari ini akan mengakhiri hubungan dengan WHO dan mengalihkan dana itu ke seluruh dunia yang memang layak mendapatkan,” kata Trump.

Kendati demikian, tak jelas kapan keputusan ini akan berlaku. Resolusi bersama kongres pada 1948 di AS terkait keanggotaan WHO, mengatakan negara Paman Sam berhak untuk menarik diri dari organisasi dengan pemberitahuan satu tahun.

WHO tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pengumuman Trump. Namun, lembaga itu sebelumnya telah membantah pernyataan Trump bahwa mereka membela Tiongkok terkait pandemi virus corona.

Amerika Serikat saat ini berkontribusi lebih dari 200 juta USD kepada WHO. Washington juga memberikan beberapa ratus juta dolar setiap tahun dalam pendanaan sukarela yang terkait dengan program-program WHO tertentu, seperti pemberantasan polio, HIV, hepatitis dan TBC. (reu/bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here