Pantauan arus kendaraan di Jalan KH Wahid Hasyim Jombang, Jawa Timur, jelang tahun baru 2024, Jumat (29/12/2023).

Bongkah.id – Para pengguna jalan yang melintas di wilayah Kabupaten Jombang harap mewaspadai sejumlah titik yang rawan macet dan kecelakaan lalu lintas. Terdapat beberpa ruas jalan yang diperkirakan akan mengalami kemacetan selama mudik hari libur tahun Baru 2024.

“Kami sudah melaksanakan pengecekan jalur, mulai dari sebelah timur di Mojoagung, sampai ke titik sebelah barat di Mengkreng yang berbatasan dengan kabupaten Kediri, ada beberapa titik yang rawan,” kata Kasat Lantas Polres Jombang AKP Nur Arifin. Jumat (29/12/2023).

ads

Lanjut Arifin, Selain di wilayah perbatasan, titik kemacetan juga diprediksi terjadi di Jalan Nasional Bandar Kedungmulyo, tepatnya di perlintasan kereta api Desa Gondangmanis.

“Untuk titik macet yang jadi perhatian yang ada di pos Mengkreng, dan kita juga siapkan pola-pola pengaturan lalulintas apabila terjadi kepadatan jumlah kendaraan,” kata Arifin.

Titik lain yang akan dinilai jadi lokasi rawan kemacetan, adalah beberapa titik di Kecamatan Bandarkedungmulyo, yakni di simpang rel KA Bandarkedungmulyo juga titik temu Exit Tol Bandar.

“Bila terjadi kemacetan di Bandar kedungmulyo, ada beberapa alternatif, apabila padat kita akan terapkan contraflow, atau kita alihkan melalui jalur Jatipelem, Kasemen, Kediri,” ujar dia.

Selain itu, titik rentan macet lainnya berada di wilayah Mojoagung. Rekayasa lalu lintas, juga telah disiapkan di lokasi ini.

“Untuk terjadi kemacetan, misalkan di Mojoagung maka lalulintas akan kita alihkan ke Ringroad Mojoagung untuk memecah,” jelas Arifin.

Sementara sejumlah titik rawan kecelakaan di Kabupaten Jombang di prediksi berada di ruas Jalan Nasional di Kecamatan Mojoagung, dan sepanjang Jalan KH Wahab Chasbulloh hingga Jalan Raya Tembelang.

“Mojoagung ini, kalau malam rawan kecelakaan karena lampu PJU mati dan jalannya bergelombang, banyak yang rusak. Kalau di Tembelang itu sempit, ruas jalan hanya berukuran 8 meter dengan dua jalur sedangkan volume kendaraannya tinggi,” ungkap dia.

Dirinya mengimbau kepada para pemudik agar tetap berhati-hati selama perjalanan mudik agar terhindar dari kecelakaan dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

“Bagi masyarakat yang akan atau sedang mudik, di harap berhati-hati dan selalu mematuhi rambu lalu lintas dan menghargai pengguna jalan yang lainnya,” pungkas dia. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini