Menteri Sosial RI Tri Rismaharini (Risma) mengecek pompa air di Desa Klitih, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (29/10/2023).

Bongkah.id – Kementerian Sosial (Kemensos) akan melakukan pengeboran sumur bor untuk mengatasi kekeringan di Dusun Tondowesi, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kedalaman sumur mencapai 120 meter.

“Sumber yang tadi itu kita cek, kualitasnya sangat jelek. Ada kandungan kapur, bahaya sekali. Nanti akan kena ginjal. Sumber air sumur bornya kita alihkan ke lokasi lain yang sudah kita temukan,” kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Minggu (29/10/2023).

ads

Risma, panggilan akrab Mensos, mengungkapkan, untuk membuat sumur bor di sumber butuh waktu pengerjaan selama dua bulan.

“Tapi memang butuh pengeboran cukup dalam 120 meter, dan butuh waktu dua bulan. Coba nanti saya suruh percepat,” tandas Risma.

Selama proses menunggu pengerjaan sumur bor bantuan Kemensos itu, warga akan mendapatkan bantuan air bersih dari Kemensos. “Sementara akan kita droping air bersih dulu ke dalam tong-tong yang sudah disiapkan dari Kemensos,” ungkap Risma.

Mensos optimis, Dusun Tondowesi Desa Klitih Kecamatan Plandaan yang saat ini terdampak kekeringan bisa bangkit kembali. Seperti yang pernah dilakukan di wilayah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Gunung Kidul tahun lalu saya bantu, saya pantau terus kok ndak ada berita kekeringan. Alhamdulillah ketemu sumbernya, kemudian kita treatment, karena kualitas airnya juga gak bagus, setelah itu baru dialirkan ke warga,” pungkas Risma. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini