Ketua DPD RI AA La Nyalla Matalitti.

Bongkah.id – Rencana BUMN membeli peternakan sapi di Belgia mendapat perhatian serius dari Ketua DPRD RI AA La Nyalla Matalitti. Senator asal Jawa Timur itu mengingatkan agar rencana tersebut bukan sekadar sensasi.

La Nyalla menyatakan, pemerintah harus mengkalkulasi matang rencana pembelian ternak sapi di negara Eropa tersebut. Termasuk ihwal untung-rugi dan penghitungan dari sisi bisnis lainnya.

ads

“Menanggapi rencana BUMN membeli peternakan sapi di luar negeri, jika rencana itu benar,  kita harapkan bisa dikelola secara profesional. Karena tuntutan utama dari pembelian tersebut adalah memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri, dan agar stok daging secara nasional bisa surplus,” ujar LaNyalla, Selasa (20/4/2021).

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu berharap langkah ini tidak hanya gebrakan semata. Pasalnya, menurut Nyalla, sangat ironi jika akhirnya kebutuhan daging dalam negeri masih saja bergantung dari impor akibat terus kekurangan pasokan daging sapi.

“Karena dinas-dinas peternakan kita di berbagai daerah yang potensial masih belum terdengar gerakannya dalam pengembangan ternak daging sapi. Ini sangat disayangkan,” katanya.

Oleh sebab itu, La Nyalla berharap ada langkah konkrit dari pemerintah serta kerja keras. Mantan Ketua Umum PSSI ini meyakini pemerintah akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat jika swasembada daging sapi digarap secara serius dengan mengembangkan semua potensi yang ada.

“Lahan peternakan kita sangat luas, tetapi pengelolaannya masih belum maksimal dan cenderung kurang inovatif. Persepsi ini yang harus diubah. Peternakan harus dikelola dengan baik dan modern agar bisa memberikan untung buat peternak,” terangnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini