Menteri Pertahanan Prabowo Subianto beserta jajaran menteri lain harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 (rapid test, pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun dan thermo scanner) sebelum mengikuti rapat kabinet tatap muka di Istana Negara, Kamis (18/6/2020).

Bongkah.id – Ada pemandangan tidak biasa pada sidang kabinet paripurna tatap muka di Istana Negara, Jakarta, Kamis pagi tadi (18/6/2020). Seluruh jajaran menteri yang mengikuti rapat harus melakukan rapid test terlebih dulu sebelum memasuki ruangan sidang kabinet.

Rapat Kabinet ini merupakan yang pertama digelar Presiden Joko Widodo secara tatap muka sejak pandemi covid-19 merebak di tanah air. Tercatat sejak sejak Maret lalu, pertemuan rapat terbatas atau sidang kabinet dilakukan secara virtual melalui video conference.

“Dalam penyelenggaraan sidang kabinet (tatap muka) kali ini tentu ada sejumlah protokol kesehatan ketat yang harus dilalui,” ujar Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro melalui tayangan video yang diunggah di akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (18/6/2020). Dalam video tersebut juga terlihat Menteri BUMN Erick Thohir yang sedang melakukan rapid test.

Selain rapid test, seluruh peserta rapat diwajibkan memakai masker. Selanjutnya, para menteri wajib juga melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun dan thermo scanner. Ada juga protokol kesehatan agar para hadirin menjaga jarak di dalam ruangan sidang dengan mengatur kursi sejauh 1-2 meter.

“Selain peserta rapat, petugas yang membantu pelaksanaan sidang kabinet, baik keprotokolan, petugas yang mendokumentasikan, hingga petugas jamuan semua rutin melakukan rapid test,” jelas Reisa.

Sesuai arahan Jokowi, pelaksanaan rapat maupun kegiatan lain di Istana wajib dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Posedur ini menjadi contoh bagi pemerintah daerah yang akan mengadakan acara serupa.

“Semua harus jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, dan  sebelum masuk kita tes satu per satu, semua menteri, termasuk panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, jaksa agung, semua tes, rapid test,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara Presiden Jokowi harus membatalkan jadwal kunjungan kerja ke Jawa Tengah hari karena berbenturan dengan agenda rapat kabinet hari ini. Sedianya, kunjungan ke Jateng merupakan blusukan pertama Jokowi ke daerah sejak wabah virus corona mewabah.

“Enggak jadi kunjungan kerja ke luar kota ya,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dihubungi wartawan. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here