Pengurus makam Gus Dur Teuku Azwani saat dimintai keterangan, Minggu (17/12/2023).

Bongkah.id – Peziarah dari berbagai penjuru nusantara membanjiri Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Minggu (17/12/2023). Mereka datang untuk berziarah dan memperingati haul Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Pengurus makam Pondok pesantren Tebuireng, Teuku Azwani mengatakan, jumlah peziarah saat Haul Gus Dur ini dua kali lebih banyak dari hari biasanya.

ads

“Alhamdulillah mulai hari Jumat (15/12) ini peziarah yang datang dua kali lipat dari hari biasanya,” ujarnya pada Minggu (17/12/2023).

Menurutnya, jumlah peziarah pada hari biasanya sebanyak 3000 hingga 5000, kini peziarah pada momentum Bulan Gus Dur membludak sebanyak 8000 hingga 10.000 peziarah di makam pondok pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang.

“Biasanya 3000 hingga 5000 pengunjung, sedangkan hari ini yang bertepatan pada haul Gus Dur kurang lebih 10.000 peziarah,” jelasnya.

Disamping itu, Ketua rombongan asal Gresik, Ainur Rofiq (50) mengatakan, tujuan dia bersama ombongan datang ke Haul Gus Dur adalah untuk mengambil berkah pada momentum bulan Gus Dur.

“Tujuan kita kesini yaitu merasa kangen dengan Gusdur sekaligus mengambil berkah dari Gusdur. Satu tahun kami tidak kemari, sebagai seorang santri tentu rasanya rindu dengan Gusdur yang mana sosoknya perlu kita teladani,” jelasnya.

Menurutnya, pada bulan Gus Dur merupakan momentum hari yang tepat untuk mengambil keberkahan dari sang Guru.

“Kami sengaja berkunjung hari ini karena sudah jelas hari ini adalah hari yang sangat penting, dengan kita pergi ziarah ke makam Gusdur rasanya ada tambahan energi semangat untuk melanjutkan perjuangan-perjuangan beliau,” pungkas dia. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini