Perakit gelang dan tasbih milik Fachrurrohman di Desa Bawangan Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang.

Bongkah.id – Produk kerajinan gelang dari kayu gaharu dan Cendana diproduksi  warga Desa Bawangan, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Fachrurorhman (30) pengrajin gelang kayu bahan gaharu dan Cendana ini bermula sejak ia masih seorang mahasiswa.

“Dulu mulai tahun 2010, seorang dosen memberikan tugas sebuah karya ilmiah, kemudian saya melihat peluang yang ada di Jombang untuk produksi gelang maupun tasbih berbahan dasar kayu berkualitas ini masih belum ada,” ujarnya pada Selasa (17/1/2023).

Lanjut Fachrur, setelah melihat peluang produksi gelang di Jombang masih belum ada, ia bertekad untuk memproduksinya dan memasarkan di toko maupun pabrik.

“Kemudian saya pasarkan produk kerajinan saya sendiri dengan cara mengenalkan atau memasarkan ke pabrik-pabrik,” jelasnya.

Hingga kini, kerajinan gelang maupun tasbih menghasilkan omzet puluhan juta rupiah.

“Perbulan omzet bisa mencapai Rp 30 juta, sementara harga perbiji kami bandrol mulai harga Rp 50 ribu hingga puluhan juta,” bebernya.

Tak heran jika ia mematok harga hingga puluhan juta, karena jenis kayu yang ia gunakan memang sangat berkualitas dan memberikan khasiat untuk para penggunanya. “Kami utamakan jenis kayu yang kami pakai adalah kayu gaharu dan cendana,” pungkasnya. (ima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here